Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hard Disk Eksternal dengan Balutan Kayu

Kompas.com - 31/10/2011, 15:47 WIB

BANDUNG, KOMPAS - Bagi Anda yang saat ini berencana membeli hard disk eksternal untuk keperluan penyimpanan data secara mobile, barangkali bisa melirik produk yang dikembangkan oleh empat mahasiswa yang tergabung dalam Nuansa Indonesia. Perangkat tersebut diberi nama Hade, yang merupakan hard disk eksternal yang dibungkus kayu dan bermotifkan angklung, edisi yang sangat terbatas.

Hal itu diungkapkan Adjie Wicaksana dari Nuansa Indonesia, Hade sebetulnya merupakan hard disk eksternal merek Samsung dengan kapasitas 320 GB yang dikemas lagi dengan kayu berwarna cerah kemudian ditambah dengan ukiran angklung pada permukaan besinya. Produk eksklusif ini dibanderol dengan harga Rp 1 juta.

"Segmen kami memang untuk kalangan menengah ke atas yang ingin mendapatkan barang yang juga dikemas secara premium," kata Adjie.

Dia mengungkapkan, produk yang dikerjakan di kota Cimahi itu belum dijual secara bebas karena Nuansa Indonesia belum menyempurnakan pembungkusan produknya. Yang ada, sejak diproduksi bulan Agustus lalu sudah terjual 5-7 unit dari orang yang melihatnya sewaktu pameran. Menurut rencana, penjualan baru dilakukan pada November mendatang.

Pemilihan motif angklung dilakukan karena Nuansa Indonesia memilih tema Jawa Barat sebagai dasar desain produknya. Nama Hade dalam Bahasa Sunda bisa diartikan sebagai "hebat" atau "bagus" dan bila dilafalkan seperti "HD" dalam bahasa Indonesia.

Selain HD eksternal, Nuansa Indonesia juga menyiapkan dua produk premium lainnya untuk dilempar ke pasar high-end yakni Bendrongan dan Ngemut, dua buah perangkat elektronik yang juga dinamai dalam Bahasa Sunda.

Bendrongan adalah pengeras suara portabel yang juga dibalut kayu dengan docking untuk iPod, colokan USB, maupun kartu memori. Yang menarik, produk yang semula ditawarkan dengan harga Rp 1,5 juta ini memiliki motif Mega Mendung pada salah satu bagiannya.

Sementara itu, Ngemut yang bisa diartikan mengingat, adalah jam weker yang memiliki fitur tambahan berupa proyektor yang akan memantulkan angka waktu ke langit-langit bila ditekan. Produk ini ditawarkan dengan harga Rp 1,2 juta. Berminat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com