Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Assad Bersedia Kerja Sama dengan Oposisi

Kompas.com - 31/10/2011, 10:06 WIB

AMMAN, KOMPAS.com - Presiden Suriah, Bashar Al Assad, yang menghadapi aksi perlawanan terhadap kekuasaannya selama tujuh bulan, Minggu (30/10), mengatakan ia bersedia mengadakan pembicaraan dengan oposisi. "Kami akan bekerja sama dengan semua kekuatan politik, baik yang sudah ada sebelum krisis maupun yang muncul selama peristiwa itu. Kami percaya berhubungan dengan kekuatan ini sangat penting," kata Bashar dalam satu wawancara dengan stasiun televisi Rusia.

Pernyataannya dikeluarkan saat para pejabat Suriah dijadwalkan mengadakan pembicaraan lagi di Qatar dengan delegasi Liga Arab, yang bermaksud mengadakan dialog di Kairo, Mesir, antara pemerintah Suriah dan penentang mereka. Tenggat dua pekan yang ditetapkan Liga Arab bagi dimulainya dialog berakhir masanya Minggu.

PBB menyatakan 3.000 orang telah tewas selama aksi perlawanan itu. Bashar mengatakan "ratusan personel militer, polisi dan pasukan keamanan telah tewas".

"Bagaimana mereka tewas?" Bashar mempertanyakan. "Apakah mereka tewas selama demonstrasi damai? Apakah mereka tewas oleh teriakan seseorang? Tidak mereka tewas oleh tembakan. Jadi kami menanganinya dengan personel bersenjata."

Para menteri Liga Arab yang mengunjungi Suriah memperingatkan Presiden Bashar Al-Assad agar menghentikan kekerasan dan memulai pembaruan atau "menghadapi intervensi internasional", kata satu surat kabar Kuwait, Minggu.

Dengan mengutip sumber Arab yang mengetahui, harian Al Qabas melaporkan delegasi tingkat menteri Liga Arab juga memperingatkan Bashar bahwa apabila ia gagal menyelesaikan krisis itu dalam kalangan Arab itu akan berarti "menginternasionalkan" masalah tersebut.

Sebelumnya Bashar, dalam satu wawancara dengan harian Inggris, Sunday Telegraph, mengatakan, negara Barat menghadapi resiko menciptakan "gempa Bumi" yang akan membakar Timur Tengah jika mereka ikut-campur di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com