Al Assad Bersedia Kerja Sama dengan Oposisi

Kompas.com - 31/10/2011, 10:06 WIB
EditorEgidius Patnistik

AMMAN, KOMPAS.com - Presiden Suriah, Bashar Al Assad, yang menghadapi aksi perlawanan terhadap kekuasaannya selama tujuh bulan, Minggu (30/10), mengatakan ia bersedia mengadakan pembicaraan dengan oposisi. "Kami akan bekerja sama dengan semua kekuatan politik, baik yang sudah ada sebelum krisis maupun yang muncul selama peristiwa itu. Kami percaya berhubungan dengan kekuatan ini sangat penting," kata Bashar dalam satu wawancara dengan stasiun televisi Rusia.

Pernyataannya dikeluarkan saat para pejabat Suriah dijadwalkan mengadakan pembicaraan lagi di Qatar dengan delegasi Liga Arab, yang bermaksud mengadakan dialog di Kairo, Mesir, antara pemerintah Suriah dan penentang mereka. Tenggat dua pekan yang ditetapkan Liga Arab bagi dimulainya dialog berakhir masanya Minggu.

PBB menyatakan 3.000 orang telah tewas selama aksi perlawanan itu. Bashar mengatakan "ratusan personel militer, polisi dan pasukan keamanan telah tewas".

"Bagaimana mereka tewas?" Bashar mempertanyakan. "Apakah mereka tewas selama demonstrasi damai? Apakah mereka tewas oleh teriakan seseorang? Tidak mereka tewas oleh tembakan. Jadi kami menanganinya dengan personel bersenjata."

Para menteri Liga Arab yang mengunjungi Suriah memperingatkan Presiden Bashar Al-Assad agar menghentikan kekerasan dan memulai pembaruan atau "menghadapi intervensi internasional", kata satu surat kabar Kuwait, Minggu.

Dengan mengutip sumber Arab yang mengetahui, harian Al Qabas melaporkan delegasi tingkat menteri Liga Arab juga memperingatkan Bashar bahwa apabila ia gagal menyelesaikan krisis itu dalam kalangan Arab itu akan berarti "menginternasionalkan" masalah tersebut.

Sebelumnya Bashar, dalam satu wawancara dengan harian Inggris, Sunday Telegraph, mengatakan, negara Barat menghadapi resiko menciptakan "gempa Bumi" yang akan membakar Timur Tengah jika mereka ikut-campur di Suriah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.