Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Advokat Internasional Dibuka

Kompas.com - 30/10/2011, 23:07 WIB
Tri Agung Kristanto

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com — Konferensi Tahunan Asosiasi Advokat Internasional, International Bar Association (IBA) Annual Conference 2011, yang diikuti lebih dari 5.000 advokat dari seluruh dunia, di Dubai, Minggu (30/10/2011) malam, dibuka oleh Menteri Kehakiman Uni Emirat Arab, Hadef Jua'an Al Daheri.

Dalam konferensi itu, peraih nobel perdamaian tahun 2005 Mohamed ElBaradei menjadi pembicara utama (keynote speaker) mengenai perkembangan hukum, perdamaian, dan hak asasi manusia, terutama setelah terjadinya berbagai pergolakan di sejumlah negara, termasuk Mesir yang berujung dengan pergantian kekuasaan.    

Ketika membuka konferensi itu, Al Daheri menyampaikan perkembangan reformasi hukum di Uni Emirat Arab, yang kini tidak hanya mengembangkan penyelesaian persoalan hukum melalui pengadilan, tetapi juga melalui penyelesaian alternatif (alternative dispute  resolution), antara lain melalui arbitrase.

Bahkan, kini Dubai International Arbitration Centre (DIAC) menjadi salah satu rujukan dalam menyelesaikan berbagai sengketa hukum, terutama terkait dengan bisnis di wilayah Timur Tengah.   

Al Daheri berharap, pengalaman Uni Emirat Arab dalam mengembangkan penyelesaian sengketa hukum tidak melalui pengadilan, yang dapat diterima dan dipercaya berbagai kalangan, dapat menginspirasi pengembangan hukum di dunia ini. Apalagi, pengembangan hukum juga sangat tergantung pada advokat, yang kini dari berbagai negara berkumpul di Dubai.   

Presiden IBA, Akira Kawamura, mengakui, banyak hal yang bisa dipelajari dari Uni Emirat Arab dan negara-negara Timur Tengah lainnya dalam mengembangkan hukum, terutama terkait penyelesaian sengketa.

Ia juga melaporkan, konferensi internasional IBA kali ini di Dubai adalah yang terbesar dari sisi jumlah pesertanya sepanjang sejarah IBA. Konferensi akan berlangsung hingga Jumat, 4 November mendatang.   

Dari Indonesia, Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan juga menghadiri konferensi ini bersama sejumlah anggota Peradi. Otto mengakui, konferensi internasional seperti yang diadakan IBA sangat penting untuk pencerahan advokat.

Selain Otto, tampak hadir pula Tonny Budidjaja dari Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) dan Frans Hendra Winarta dari Persatuan Advokat Indonesia (Peradin).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com