Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Salju Landa Pantai Timur AS

Kompas.com - 30/10/2011, 18:11 WIB

BOSTON, KOMPAS.com — Badai salju melanda kawasan pantai timur Amerika Serikat, Sabtu (29/10/2011) waktu setempat. Badai ini memutuskan aliran listrik untuk lebih dari 2 juta rumah tangga dan membatalkan sejumlah penerbangan serta menewaskan setidaknya tiga orang. Akibat badai salju ini, New York, New Jersey, Connecticut, dan Massachusett dinyatakan dalam keadaan darurat cuaca.

"Kami memperkirakan salju akan terus turun di New York City  melalui Maine. Pada besok pagi salju akan menyelimuti sebagian besar daerah itu," kata ahli cuaca senior, Alan Reppert, seperti dimuat laman AccuWeather.com.

Salju yang mengakibatkan kondisi jalan raya dalam keadaan licin menyebabkan terjadinya kecelakaan dan merenggut nyawa pengendara yang tengah melintas di Colchester, Connecticut. Hal itu diungkapkan Scott Devico, juru bicara  Departemen Manajemen Darurat Connecticut.

Di Temple, Pennsylvania, seorang pria berusia 84 tahun meninggal saat sebuah pohon yang diselimuti salju tumbang dan menimpa rumahnya. Sementara itu, seorang pria berusia 20 tahun tersengat aliran listrik di Springfield, Masachusetts, ketika ia keluar dari kendaraannya dan menyentuh pagar beraliran listrik.

Menurut AccuWeather.com, salju turun dari Pennsylvania memasuki Massachusetts setelah menutupi derah-daerah Virginia, Virginia barat, dan Maryland. Badai salju yang terjadi pada Oktober ini memecahkan rekor salju yang bertahan sejak tahun 1925 bagi Central Park New York.

Di New York City, tebal saju antara 7,5 dan 15 sentimeter sebelum badai itu mereda pada Sabtu malam.

Gelap gulita

Terputusnya aliran listrik akibat salju mengakibatkan sejumlah daerah, seperti Mid-Atlantic sampai New England, gelap gulita.

Aliran listrik yang putus itu termasuk pada 606.388 pelanggan yang dilaporkan oleh Connecticut Light and Power, 214.000 oleh PPL Electric Utlities di Pennsylvania, 341.000 tanpa listrik dari PSE&G di New Jersy, lebih dari 300.0000 oleh Firsts Energy di Pennsylvania dan New Jersey, lebih dari 77.000 oleh Con Edison di New York, serta lebih dari 66.000 oleh Allegheny Power di Maryland, Pennsylvania, dan West Virginia.     

Penerbangan

Salju yang mulai turun juga menyebabkan sejumlah penerbangan di Bandara Internasional Philadelphia dan bandara-bandara daerah New York ditangguhkan. Setidaknya 1.000 penerbangan dibatalkan dan Bandara Teterboro di New Jersey tutup untuk sementara. Demikian dikatakan badan  pengawas penerbangan dalam laman internetnya, FlightAware.com.     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com