Kamboja Rayakan 20 Tahun Kembalinya Sihanouk

Kompas.com - 30/10/2011, 17:52 WIB
EditorTri Wahono

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Rakyat Kamboja, Minggu (30/10/2011), merayakan 20 tahun kembalinya mantan raja Norodom Sihanouk dari pengasingan dan hari ulang tahunnya ke 90 pada 31 Oktober. Upacara meriah diadakan di depan Istana Kerajaan dengan dihadiri putra Sihanouk, Raja Norodom Sihamoni, Pejabat Ketua Senat Pangeran Sisowath Chivan Monirak, Ketua Majelis Nasional Heng Samrin, Perdana Menteri Hun Sen, dan korps diplomatik asing.

Dalam penampilan publik pertama sejak penyerahan tahta pada Oktober 2004, didampingi putranya Norodom Sihamoni, mantan raja disambut hangat oleh kerumunan sekitar 40.000 orang dari semua lapisan masyarakat. Tari tradisional dipentaskan untuk memberkati mantan raja dengan kesehatan yang tampak baik dan umur panjang.

Sihanouk dalam sambutannya mengatakan, ia sangat senang mendapat kehormatan untuk menyampaikan pidato untuk sahabat-sahabat tercinta dan Perdana Menteri Hun Sen atas upayanya yang tak kenal lelah serta prestasi untuk mengembangkan negara. "Juga, saya mengagumi pemerintah dan parlemen Kamboja atas upaya bersama mereka memajukan bangsa ini," katanya dalam pidato televisi yang disiarkan langsung oleh Televisi Nasional Kamboja.

Perdana Menteri Hun Sen dalam pidato pada perayaan itu mengatakan, mantan Raja dan Ratu kembali ke Kamboja pada 14 November 1991 dari pengasingan mereka di Beijing, China atas undangan Partai Rakyat Kamboja. Dia mengatakan perayaan itu untuk mencerminkan ketulusan hati rakyat Kamboja terhadap mantan raja Norodom Sihanouk dan Ratu Norodom Monineath atas upaya tak kenal lelah mereka dan prestasi mereka dalam pembangunan nasional.

"Kami, semua orang Kamboja, ingin ayah raja kesehatannya baik dan panjang umur agar tetap sebagai pengayom untuk perdamaian, stabilitas politik dan kemakmuran Kamboja dan orang-orang Kamboja," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.