Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saif Khadafy Menyerah

Kompas.com - 29/10/2011, 04:46 WIB
Editor

DUBAI, JUMAT - Takut setengah mati akan keselamatan jiwanya, putra pertama dari istri kedua mantan penguasa Libya, Moammar Khadafy, Saif al-Islam Khadafy, berusaha kabur ke luar negeri untuk kemudian menyerahkan diri ke pengadilan kejahatan perang di Den Haag, Belanda.

Walau rincian rencana itu belum jelas, penguasa Libya, Dewan Transisi Nasional (NTC), menyebut Saif berada dalam perlindungan suku pengembara Sahara, Touareg. Laporan intelijen NTC menyebutkan, Saif tengah berupaya mencari pesawat untuk melarikan diri dari tempat persembunyiannya sekarang ke sebuah lokasi aman di luar negeri.

Kekhawatiran Saif beralasan menyusul kematian tragis ayah dan adiknya, Mutassim, di tangan pasukan NTC saat mereka dan rombongan para pengawal setia terjebak dan tertangkap di tanah kelahiran Khadafy di Sirte.

Menurut pejabat NTC, Saif diketahui berhasil menyeberang ke Nigeria, tetapi belum berhasil menjalankan niatnya menyerahkan diri ke pengadilan kejahatan perang (ICC) di Den Haag.

”Sejumlah kontak telah dilakukannya (Saif) ke beberapa negara tetangga (Nigeria), seperti Mali dan Afrika Selatan, untuk meminta bantuan mereka mengeluarkannya dari sana. Namun, sampai sekarang dia masih menunggu kepastian,” ujar pejabat NTC itu.

Sayangnya, belum ada verifikasi independen yang bisa diperoleh terkait klaim NTC ini. Sebelum kematian Khadafy, NTC pernah melakukan kesalahan, mengklaim berhasil mengalahkan dan menangkap ”sang kolonel”.

Walaupun Saif berhasil keluar dari tempat persembunyiannya memanfaatkan kekayaan klan Khadafy yang berlimpah itu, upaya tersebut tidak bermanfaat banyak. Saif dikenal berperan besar dalam berbagai upaya pembunuhan dan pemberangusan aksi perlawanan oposisi sejak awal pergolakan di negeri itu.

Dengan latar belakang itu, wajar Saif ingin mencari selamat dengan cara menyerahkan diri ke ICC.

Sebelumnya, ibu Saif dan beberapa saudaranya yang masih hidup juga melarikan diri ke Aljazair dan Nigeria.

ICC mengecek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.