Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Aman, Saif Mengungsi ke Mali

Kompas.com - 28/10/2011, 10:21 WIB

DAKAR, KOMPAS.com — Kepala intelijen rezim Moammar Khadafy, Abdullah al-Senoussi, yang menjadi buron Interpol berhasil kabur ke Mali. Sebelumnya, Senoussi melintasi Niger tempat dia bersembunyi selama berhari-hari di gurun di wilayah utara negeri itu, ungkap seorang penasihat Presiden Niger, Kamis (27/10/2011).

Pejabat yang enggan disebut namanya itu mengatakan, Senoussi masuk Mali pada Rabu (26/10/2011) melalui wilayah Kidal, yang berbagi perbatasan dengan Niger.

Abdullah al-Senoussi dikawal sekitar selusin orang dan tiba dalam sebuah konvoi yang dipandu suku Tuareg dari Mali.

Penasihat Presiden Niger itu menambahkan, putera Khaday, Saif al-Islam, juga sedang menuju Mali dan mengambil jalur "yang tak terlihat" yang memisahkan Aljazair dari Niger.

Jalur itu berupa lautan pasir yang luasnya mencapai ribuan kilometer dan tidak bertuan. Selama bertahun-tahun para penyelundup narkotika dan sempalan Al Qaeda menggunakan jalur itu.

"Senoussi berada di Mali," kata penasihat, seorang tokoh berpengaruh di komunitas Tuareg.

"Saif juga menuju Mali. Dia saat ini berada di antara Niger dan Aljazair. Dia berada di teritori antara kedua negara itu, menuju Mali," kata penasihat tersebut.

"Saat ini mereka (al-Senoussi dan Saif) belum berencana mendekati pemerintah. Mereka dilindungi suku Tuareg... dan mereka memilih tinggal di gurun," imbuhnya.

Menanggapi klaim itu, Direktur Badan Keamanan Negara Mali Hildebert Traore mengatakan, belum mendapat konfirmasi tentang masuknya al-Senoussi ke negaranya.

"Sampai saat ini kami belum berhasil memastikan posisi Senoussi, apakah dia berada di negara kami atau negara lain," kata Traore.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com