Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dreamliner" ANA Pun Mengudara

Kompas.com - 26/10/2011, 13:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Tiga tahun molor dari jadwal akhirnya bukan penantian sia-sia bagi maskapai penerbangan All Nippon Airlines (ANA). Pasalnya, pesawat Boeing 787 Dreamliner milik perusahaan itu akhirnya melakukan penerbangan komersial kali pertama. Sebagaimana warta AP, AFP, dan Kyodo, pada Rabu (26/10/2011), rute pesawat tergres itu adalah Tokyo menuju Hongkong.

Penerbangan hari ini merupakan penerbangan khusus. Pasalnya, ANA baru akan menggulirkan jadwal penerbangan dengan pesawat ini pada November.

Badai krisis bisnis memang menjegal janji Boeing untuk meluncurkan Dreamliner tepat waktu pada 2008. Kini, Boeing sudah mematok 10 buah pesawat sejenis rampung pada 2013.

Boeing 787 Dreamliner dalam konstruksinya menggunakan bahan yang mampu membuat pesawat itu menghemat penggunaan bahan bakar hingga 20 persen dari yang digunakan pesawat model serupa saat ini. Kelebihan ini dinilai mampu membantu perusahaan penerbangan menghemat biaya mereka dalam mengoperasikan pesawatnya.

Biaya bahan bakar dinilai sebagai salah satu biaya terbesar dalam pengoperasian pesawat penerbangan komersial.

Boeing yang menguasai pasar pesawat terbang di Jepang akan menjadikan negara itu sebagai tujuan utama produk terbarunya. ANA sendiri sudah siap menerima lebih dari dua belas pesawat Boeing 787 Dreamliner pada tahun-tahun mendatang.

Namun, Boeing tampaknya masih belum bisa memenuhi semua permintaan itu. Soalnya, perusahaan itu sedang berjuang mengatasi krisis yang menimpa perusahaan tersebut.

Pekan lalu perusahaan Chinese Eastern Airlines terpaksa membatalkan pemesanan 24 pesawat Boeing 787 Dreamliner. Maskapai itu keberatan menunggu proses produksi pesawat tersebut.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com