Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Bertekad Tumbangkan Rezim

Kompas.com - 26/10/2011, 03:55 WIB

Kairo, Kompas - Rakyat Suriah terus bertekad menumbangkan rezim Bashar al-Assad meskipun harga yang harus dibayar sangat mahal. Sedikitnya 19 warga Suriah tewas, Senin (24/10), di kota Homs dan Idlib akibat tembakan aparat.

Komite koordinasi lokal di Suriah mengungkapkan, sekurangnya 13 warga, termasuk seorang anak kecil, gugur di Homs dan enam lainnya gugur di Idlib.

Di Idlib, ribuan warga pada Senin malam lalu menggelar unjuk rasa. Mereka menyambut keberhasilan Libya menumbangkan Moammar Khadafy serta menuntut Presiden Suriah Bashar mundur.

Para aktivis, seperti dikutip televisi Al Jazeera, mengatakan, lebih dari 20 warga mengalami luka-luka dan kini dirawat di rumah sakit di Homs. Aparat keamanan dilaporkan mengepung rumah sakit tersebut. Rentetan ledakan dahsyat akibat gempuran artileri terdengar di distrik Deir Baalba di Homs.

Militer Suriah menggempur beberapa rumah dan toko yang membuat jatuh korban dan banyak rumah serta toko mengalami kerusakan. Ambulans dilaporkan dilarang masuk ke distrik tersebut.

Lembaga revolusi melaporkan pula militer Suriah terus mengepung distrik Bab el Amr di kota Homs serta menembak siapa pun yang terlihat bergerak.

Di Hama, militer dan aparat keamanan Suriah membubarkan dengan paksa para pengantar jenazah seorang wanita ke tempat pemakaman. Wanita itu tewas akibat tembakan aparat keamanan. Di kota Latikia, aparat keamanan terus menangkap secara sembarangan setiap pemuda yang berlalu lalang di jalan-jalan kota itu.

Lembaga Amnesty Internasional dalam laporannya yang terdiri dari 39 halaman menuduh otoritas Suriah mengalihkan rumah sakit menjadi tempat untuk menimbulkan ketakutan dan ketegangan. (mth)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com