NATO Tak Tempatkan Tentara di Libya

Kompas.com - 25/10/2011, 10:31 WIB
EditorEgidius Patnistik

BRUSSELS, KOMPAS.com — NATO tidak berencana meninggalkan pasukannya di Libya setelah berakhirnya misi militer di negara itu, kata juru bicara NATO, Oana Lungescu, Senin (24/10/2011). "Sebuah operasi yang sangat kompleks, seperti Pelindung Bersatu ... tidak dapat diaktifkan atau dinonaktifkan seperti satu tombol. Hal ini membutuhkan  beberapa waktu. Tetapi tidak ada niat untuk menempatkan angkatan bersenjata di lingkungan Libya setelah akhir operasi," kata Lungescu pada konferensi pers di Brussels.

Dia mengatakan, NATO membuat keputusan awal Jumat lalu untuk membubarkan misi di Libya pada akhir Oktober, dan menegaskan bahwa keputusan resmi diharapkan akan dilakukan dalam beberapa hari. Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen, Minggu, mengatakan, aliansi akan terus memantau situasi keamanan di Libya dan mempertahankan kapasitas untuk merespon ancaman terhadap warga sipil jika diperlukan.

Dewan Keamanan PBB mengeluarkan Resolusi 1973, Maret lalu, dengan otorisasi misi NATO untuk melindungi warga sipil Libya dari serangan oleh pasukan pro-Khadafy, sebulan setelah pemberontakan melawan pemerintahan otoriter Kolonel Moammar Khadafy pecah di negara Afrika Utara itu.

Khadafy, yang telah memerintah Libya selama 42 tahun, rupanya segera dieksekusi setelah ditangkap oleh para pejuang Dewan Transisi Nasional (NTC) di  dekat kota Sirte, Kamis lalu. Pihak berwenang Libya mendeklarasikan pembebasan Libya dari kekuasaan Khadafy pada hari Minggu dan menyerukan rekonsiliasi nasional.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X