Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Korban Gempa Turki, Google Aktifkan Person Finder

Kompas.com - 25/10/2011, 08:36 WIB

KOMPAS.com - Google mengaktifkan layanan atau aplikasi web Person Finder untuk membantu pencarian korban-korban gempa berkekuatan 7,3 SR yang mengguncang Turki, Minggu (23/10/2011). Gempa ini setidaknya telah menewaskan 217 orang dan  sebanyak 1090 orang lagi cedera.

Layanan pencarian orang ini pertama kali diimplementasikan saat gempa menimpa Haiti bulan Januari 2010 lalu. Dengan menggunakan layanan Person Finder ini, masyarakat dapat melaporkan keluarga atau kerabatnya yang hilang dan sebaliknya masyarakat atau organisasi dapat memberikan informasi untuk membantu pencarian korban yang hilang.

Sejak itu, Person Finder telah digunakan untuk membantu korban bencana gempa di Christchurch, Selandia Baru pada September 2010 dan bencana gempa/tsunami di Jepang pada Maret tahun ini. Hari ini, Person Finder kembali digunakan untuk pertama kalinya di Turki.

Person Finder merupakan salah satu produk dari lembaga non profit yang dimiliki Google, Google.org. Pada website Person Finder Google ini mencatat terdapat 55.100 orang hilang saat kejadian gempa di Haiti, 11.600 orang hilang setelah gempa di Selandia Baru, dan lebih dari 600.000 orang dilaporkan hilang setelah bencana tsunami di Jepang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com