Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senator AS Usulkan Intervensi Militer di Suriah

Kompas.com - 24/10/2011, 13:12 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Senator Amerika Serikat, John McCain, mengusulkan intervensi militer untuk melindungi warga sipil di Suriah sekarang saat operasi NATO di Libya hampir selesai.

Sekarang operasi militer di Libya berakhir. Akan ada fokus baru mengenai praktik-praktik operasi militer apa yang mungkin dipertimbangkan untuk melindungi kehidupan warga sipil di Suriah, kata McCain dalam pidato di Forum Ekonomi Dunia di Jordania, Minggu (23/10/2011).

Dia mengatakan, rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad tidak boleh berpikir bisa lolos dari pembunuhan massal. Dia menambahkan, pemimpin Libya Moammar Khadafy telah membuat kesalahan, dan dia menanggung semua biayanya. Khadafy ditangkap dan dibunuh pekan lalu oleh pasukan yang setia kepada pemerintah baru Libya. McCain, yang merupakan anggota penting Partai Republik di Komite Angkatan Bersenjata Senat, tidak menegaskan apakah itu berarti akan ada kehadiran tentara Amerika Serikat atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Suriah.

PBB mengatakan, 3.000 orang telah tewas dalam protes anti-Assad, sebanyak 187 orang mereka adalah anak-anak. Pemerintah Suriah menyalahkan kelompok bersenjata untuk kekerasan itu, dan mengatakan sebanyak 1.100 orang tentara dan polisi tewas sejak Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com