Presiden Kirchner Menangi Pemilu Argentina

Kompas.com - 24/10/2011, 10:55 WIB
EditorKistyarini

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Presiden Argentina Cristina Kirchner terpilih kembali setelah meraih meraih kemenangan besar dengan mengantungi 53,04 persen suara, demikian hasil sementara yang disiarkan Minggu larut malam (23/10/2011).

Politikus sayap kiri-tengah Argentina itu, yang membawa negerinya menuju pertumbuhan ekonomi, mengalahkan pesaing terdekatnya, tokoh sosialis Hermes Binner yang hanya mengumpulkan 16,9 persen dari 15,5 persen suara yang dihitung, kata Kementerian Dalam Negeri Argentina.

Jajak pendapat di luar pemungutan suara yang dilakukan oleh media setempat menunjukkan Kircher mungkin meraih sebanyak 55 persen suara, yang akan memberi dia mandat paling kuat bagi seorang presiden Argentina sejak berakhirnya kediktatoran pada 1976-1983.

Para pendukungnya berkumpul di luar istana presiden di ibu kota Argentina, Buenos Aires, sambil mengibarkan bendera berwarna biru dan putih serta membakar kembang api. Sementara itu, pendukung lain bergembira saat mereka menunggu Kirchner berpidato di satu hotel di pusat kota.

Presiden petahana (incumbent) yang berusia 58 tahun itu --yang didukung oleh simpati dan pertumbuhan ekonomi kuat hampir satu tahun setelah kematian suaminya, mantan presiden Nestor Kircher, memang sudah diperkirakan akan terpilih kembali dan mengalahkan kelompok oposisi yang terpecah.

Negara di Amerika Selatan tersebut, yang memiliki 40 juta warga, telah menikmati pertumbuhan ekonomi kuat, lapangan pekerjaan lebih banyak dan kenaikan pensiun sejak Nestor Kircher memulai masa jabatan empat-tahun pada 2003, tapi juga menghadapi inflasi yang menukik tajam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X