Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunisia Gelar Pemilu Pertama Pascapemberontakan

Kompas.com - 23/10/2011, 15:32 WIB

TUNIS, KOMPAS.com - Pemilu pertama pascapemberontakan rakyat yang menggulingkan Presiden Zine el Abidine Ben Ali digelar di Tunisia, Minggu (23/10/2011). Sekitar 7,2 juta orang yang punya hak pilih akan memilih 217 anggota majelis yang akan menyusun konstitusi baru.

Badan multipartai hasil pemilu bertugas mengangkat presiden dan pemerintahan sementara selama proses penyusunan konstitusi baru. Pemerintahan transisi ini diperkirakan akan membutuhkan waktu setahun untuk menyelesaikan konstitusi baru.

Partai Islam Ennahda, yang dilarang semasa pemerintah Zine el Abidine, diperkirakan akan meraih suara terbanyak. Ini merupakan pemilu terbuka pertama di Tunisia karena pada masa lalu hasil pemilu telah diketahui terlebih dulu.

Majelis konstitusi akan memilih bentuk pemerintah yang akan diberlakukan di negara itu dan bagaimana menjamin kebebasan-kebebasan dasar termasuk hak perempuan. Sebagian pihak khawatir Ennahda akan berusaha menghapuskan usulan tersebut meskipun partai itu menjamin tidak akan melakukannya.

Penghitungan suara akan dimulai segera setelah tempat-tempat pemungutan suara ditutup pukul 19.00 waktu setempat. Hasilnya akan disiarkan langsung pada malam hari dan hasil akhir akan disiarkan Senin besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com