Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hugo Chavez Sudah Sembuh

Kompas.com - 21/10/2011, 18:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez mengatakan, dirinya sudah sembuh dari kanker yang diidapnya. Menurutnya, ia sudah menjalani empat kali kemoterapi pascaoperasi kanker empat bulan silam di Kuba. "Semuanya berjalan dengan sempurna. Saya dapat nilai tinggi. 20 dari 20," katanya kepada wartawan sebagaimana dilansir dari AP dan AFP pada Jumat (21/10/2011).

"Saya bebas dari penyakit," kata Chavez dalam pidato setelah tiba di kota La Fria di barat Venezuela.

Dia kemudian berziarah ke Santo Cristo de la Grita, sebagai bentuk ucapan terima kasih. "Chavez yang baru kembali. Kami akan hidup!" katanya.

Kepulangan dirinya dari Kuba diberitakan dalam sebuah siaran khusus televisi dan radio Venezuela.

Pemimpin berusia 57 tahun yang telah berkuasa sejak 1999 itu mengatakan, penyakitnya tidak akan menghentikannya untuk ikut kembali dalam pemilu tahun depan. "Saya akan menang," katanya.

Chavez selama ini dikenal sebagai pemimpin yang melakukan nasionalisasi di Venezuela. Kebijakannya membuat dia disukai oleh warga miskin. Tetapi, pengkritiknya mengatakan bahwa dia ingin mengadopsi gaya komunis Kuba di Venezuela.

Bulan lalu dia membantah pemberitaan media AS yang melaporkan bahwa dia dibawa ke rumah sakit karena mengalami gagal ginjal yang terkait dengan pengobatan kankernya.

Sejauh ini dia tidak memberikan informasi detail tentang penyakitnya ini. Dokter biasanya memperingatkan bahwa pasien kanker harus menunggu setidaknya selama dua tahun setelah perawatan sebelum dinyatakan bebas dari bahaya. Kerahasiaan terkait penyakitnya ini menyebabkan spekulasi bahwa kemungkinan penyakitnya itu lebih buruk dari apa yang disampaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com