Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saif Khadafy Terus Bergerak

Kompas.com - 20/10/2011, 10:07 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com - Para pejuang Dewan Transisi Nasional (NTC) yang berkuasa di Libya, Rabu (19/10/2011), mengatakan mereka melihat konvoi sekitar 30 mobil di selatan Bani Walid, yang mereka yakini iring-iringan Saif al-Islam, putra kedua Moammar Khadafy.

Mahmoud Taufik, juru bicara NTC untuk pasukan garis depan selatan Bani Walid, mengatakan kepada Xinhua bahwa para pejuang mereka akan terus memantau dan mengikuti pergerakan konvoi, dan berkoordinasi dengan para pejuang di daerah-daerah lain tempat perjalanan konvoi.

Saif al-Islam diduga disertai sejumlah anggota senior rezim ayahnya.

Di medan perang Bani Walid, sekitar 180 kilometer tenggara ibu kota Tripoli, Taufik mengatakan NTC telah melanjutkan operasi pembersihan mereka di semua sudut kota, dan mampu menangkap sekitar 300 tentara dan tentara bayaran pro-Khadafy.

Sementara itu, di kubu pro-Khadafy, bentrokan kekerasan menyeret antara pasukan NTC dan pejuang pro-Khadafy pada Rabu (19/10/2011), di daerah terbatas di Sirte, kampung halaman Khadafy, sekitar 450 kilometer sebelah timur ibu kota.

Tapi para pejuang NTC telah berhasil mengontrol pintu masuk ke lingkungan yang disebut Nomor Dua di mana kantong terakhir basis loyalis Khadafy berada, dan menangkap sejumlah tentara bayaran Afrika, kata sumber dekat NTC yang tak bersedia disebut namanya kepada Xinhua.

Sumber itu menambahkan bahwa dua pejuang NTC tewas dan sekitar 40 terluka dalam bentrokan pada Rabu di Sirte itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com