Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Steak, 100 Pemain Terpapar Narkoba

Kompas.com - 19/10/2011, 16:32 WIB

MEKSIKO, KOMPAS.com - Pengurus federasi sepak bola dunia (FIFA) terkejut setengah mati setelah mendapatkan fakta sebagian besar pemain remaja untuk Piala Dunia U-17 di Meksiko pada musim panas ini gagal dalam tes narkotika dan obat-obatan terlarang.

Penanggung jawab medis FIFA Jiri Dvorak mengungkapkan hasil uji laboratorium terhadap para pemain remaja menunjukkan bahwa 100 pemain remaja dari 19 klub dinyatakan positif terpapar narkoba. Ditemukan kandungan obat terlarang Clenbuterol dalam darah mereka.

Usut punya usut, kandungan ini ditemukan pula dalam sampel makanan dari hotel, tempat seluruh pemain dari 24 klub peserta perhelatan akbar sepak bola remaja sedunia ini menginap. Kandungan Clenbuterol yang ditemukan dalam darah para pemain muda ini sama dengan yang terdapat di dalam daging steak yang terkontaminasi.

"FIFA sangat khawatir dan sangat sangat terkejut. Saya tidak pernah melihat hal seperti ini dalam 20 tahun ini," kata Dvorak seperti dilansir oleh The Sun.

Sementara itu, juara Tour de France, Alberto Contador, juga berencana mencari keadilan ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga untuk menegaskan bahwa dirinya juga terpapar Clenbuterol setelah makan steak tersebut. Kira-kira bagaimana caranya supaya bisa waspada sebelumnya, ya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com