Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Bantah Tudingan Pembunuhan Dubes Saudi

Kompas.com - 19/10/2011, 11:24 WIB
Iwan Santosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Luar Negeri Iran membantah keras tudingan Amerika Serikat bahwa Iran merencanakan membunuh Dubes Saudi untuk AS pada jumpa pers di Washington DC tanggal 11 Oktober. Dalam keterangan Kedubes Iran di Jakarta, Rabu (19/10/2011), disebutkan, AS mengaku menangkap Mansopur Arbabsiar yang dituding terkait rencana pembunuhan tersebut.

"Tersangka sudah hidup di AS 16 tahun terakhir, dan tidak memiliki hubungan dengan komunitas Iran. Tuduhan tanpa dasar terhadap seorang penduduk AS dan mengaitkannya dengan Iran adalah tindakan ilegal dan tidak masuk akal. Perbuatan tersebut hanya untuk mencari publikasi dan politik," kata Kedutaan Besar Iran.

Sesuai aturan hukum internasional, atas klaim terhadap pelanggaran hukum negara lain, AS seharusnya menyampaikan keterangan ke negara yang dikaitkan dengan kejahatan tersebut dan meminta kerjasama. Tindakan tersebut tidak dilakukan kepada Iran dan bertentangan dengan konvensi internasional yang berlaku.

Tudingan AS terhadap Iran dinilai sebagai tindakan yang gegabah dan mengaitkan rencana pembunuhan tersebut dengan jaringan pengedear narkotika adalah sesuatu yang mengada-ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com