Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emas dan Uang Ditemukan di Rumah Anak Khadafy

Kompas.com - 19/10/2011, 10:41 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com — Uang dan emas dalam jumlah besar ditemukan di kantor putra Moammar Khadafy, Saif al-Islam. Kantor berita Xinhua melaporkannya, Selasa(18/10/2011).

Seorang petempur Dewan Transisi Nasional (NTC), penguasa Libya saat ini, mengatakan pada Xinhua, uang tunai dan emas yang disebutnya bernilai "jutaan" itu ditemukan di kantor Saif yang dekat dengan kompeks militer Khadafy, Bab al-Aziziya, di selatan Tripoli.

Kompleks Bab al-Aziziya menjadi pusat kekuasaan Khadafay. Di situ, dia dan keluarganya tinggal, selain sejumlah pejabat penting pemerintahannya. Beberapa kantor pemerintah juga berlokasi di tempat tersebut.

Setelah menguasai kompleks itu, NTC menghancurkan dinding yang mengelilingi kompleks itu serta sejumlah bangunan di dalamnya pada Sabtu (15/10/2011) lalu.

Petempur yang enggan namanya disebut itu mengatakan, sebagian uang tunai dan emas itu belum diambil dari bangunan yang terletak di bawah tanah itu.

Sumber-sumber lain menyebut, setelah Tripoli jatuh ke tangan NTC, uang dalam jumlah besar disimpan di rumah Saif, yang memang merupakan tokoh penting di Libya meskipun tidak memiliki jabatan penting.

Saif diyakini berada di Bani Walid, sebuah kota di wilayah gurun yang kini diambil alih oleh pasukan NTC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com