Tahanan Palestina Bebas, tetapi Diasingkan ke Suriah

Kompas.com - 19/10/2011, 09:59 WIB
EditorKistyarini

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebanyak 15 orang Palestina yang dibebaskan dari penjara dan dibuang oleh Israel, Selasa (18/10/2011), dalam kesepakatan pertukaran tahanan dengan Hamas, telah tiba di Damaskus, Suriah.

Mereka disambut oleh wakil dari Hamas dan faksi lain Palestina serta beberapa pejabat Suriah di bandar udara internasional Damaskus, Selasa malam.

Seorang pejabat di Front Rakyat bagi Pembebasan Palestina (PFLP), Maher Taher, mengatakan, perjuangan bagi pembebasan sisa tahanan yang masih dikurung di penjara Israel akan terus dilanjutkan.

Hal senada dikatakan wakil Hamas di Suriah, Jamal Issa. Ia menekankan tahanan yang telah tiba di Damaskus untuk sementara akan menetap di Suriah.

Israel, pada Selasa pagi, membebaskan rombongan pertama tahanan Palestina dan Arab sebagai pertukaran bagi pembebasan prajurit Yahudi, Gilad Shalit, yang ditawan Hamas sejak Juni 2006.

Berdasarkan kesepakatan pertukaran yang diperantarai oleh Mesir, Hamas membebaskan Shalit sebagai ganti 1.027 tahanan Palestina di Israel. 

Sebanyak 477 tahanan dibebaskan pada tahap pertama pertukaran tersebut, sementara sisa 550 tahanan Palestina yang termasuk dalam kesepakatan pertukaran itu dijadwalkan dibebaskan dalam dua bulan ke depan.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, 40 dari tahanan yang dibebaskan dideportasi ke tempat pengasingan. Qatar dan Suriah akan menampung 30 mantan tahanan dan Turki telah menerima 12 mantan tahanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.