Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Eks Tahanan Palestina Dibawa ke Turki

Kompas.com - 19/10/2011, 08:09 WIB

ANKARA, KOMPAS.com — Satu pesawat Turki yang membawa 11 mantan tahanan Palestina, yang dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan yang membebaskan prajurit Israel Gilad Shalit, mendarat di bandar udara Ankara, Rabu (19/10/2011). Hal itu dikatakan seorang pejabat kementerian luar negeri.

Pesawat itu mendarat di Bandar Udara Esenboga, Ankara, setelah membawa 11 mantan tahanan Palestina, termasuk seorang perempuan, dari bandar udara Kairo di Mesir.

Tayangan televisi memperlihatkan mantan tahanan yang dibebaskan itu mengangkat tangan dengan lambang kemenangan saat mereka dibawa dari bandar udara di bawah pengamanan ketat.

"Kami menyampaikan terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada Turki," kata Duta Besar Palestina untuk Turki Nabil Marouf, sebagaimana dikutip oleh stasiun televisi swasta NTV.

Belum jelas di mana dan untuk berapa lama ke-11 mantan tahanan Palestina itu akan tinggal di Turki. Utusan Palestina tersebut mengatakan, itu akan diputuskan oleh Pemerintah Turki.

Israel pada Selasa mulai membebaskan sebagian dari 1.027 tahanan Palestina dalam dua tahap sebagai pertukaran bagi penyerahan prajurit Gilad Shalit—yang ditangkap oleh Hamas pada Juni 2006.

Beberapa pejabat Israel mengatakan bahwa Shalit telah tiba kembali di Israel dan berkumpul lagi dengan keluarganya.

Turki, bersama Qatar dan Mesir, telah menyatakan negara tersebut siap menampung tahanan Palestina yang dibebaskan.

Turki menganggap perjanjian antara Israel dan Hamas tentang pertukaran tahanan Palestina dengan prajurit Israel, Gilad Shalit, itu sebagai satu bantuan bagi perdamaian di kawasan tersebut dan akan memainkan perannya dengan menerima para tahanan Palestina tersebut. Demikian kata kantor berita Anatolia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com