12 Eks Tahanan Palestina Dibawa ke Turki

Kompas.com - 19/10/2011, 08:09 WIB
EditorKistyarini

ANKARA, KOMPAS.com — Satu pesawat Turki yang membawa 11 mantan tahanan Palestina, yang dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan yang membebaskan prajurit Israel Gilad Shalit, mendarat di bandar udara Ankara, Rabu (19/10/2011). Hal itu dikatakan seorang pejabat kementerian luar negeri.

Pesawat itu mendarat di Bandar Udara Esenboga, Ankara, setelah membawa 11 mantan tahanan Palestina, termasuk seorang perempuan, dari bandar udara Kairo di Mesir.

Tayangan televisi memperlihatkan mantan tahanan yang dibebaskan itu mengangkat tangan dengan lambang kemenangan saat mereka dibawa dari bandar udara di bawah pengamanan ketat.

"Kami menyampaikan terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada Turki," kata Duta Besar Palestina untuk Turki Nabil Marouf, sebagaimana dikutip oleh stasiun televisi swasta NTV.

Belum jelas di mana dan untuk berapa lama ke-11 mantan tahanan Palestina itu akan tinggal di Turki. Utusan Palestina tersebut mengatakan, itu akan diputuskan oleh Pemerintah Turki.

Israel pada Selasa mulai membebaskan sebagian dari 1.027 tahanan Palestina dalam dua tahap sebagai pertukaran bagi penyerahan prajurit Gilad Shalit—yang ditangkap oleh Hamas pada Juni 2006.

Beberapa pejabat Israel mengatakan bahwa Shalit telah tiba kembali di Israel dan berkumpul lagi dengan keluarganya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Turki, bersama Qatar dan Mesir, telah menyatakan negara tersebut siap menampung tahanan Palestina yang dibebaskan.

Turki menganggap perjanjian antara Israel dan Hamas tentang pertukaran tahanan Palestina dengan prajurit Israel, Gilad Shalit, itu sebagai satu bantuan bagi perdamaian di kawasan tersebut dan akan memainkan perannya dengan menerima para tahanan Palestina tersebut. Demikian kata kantor berita Anatolia.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.