Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemalsu Tanda Tangan Presiden Afganistan Ditangkap

Kompas.com - 19/10/2011, 04:07 WIB
M.Latief

Penulis

KABUL, KOMPAS.com — Badan Intelijen Afganistan menangkap seorang pria lantaran memalsukan tanda tangan beberapa pejabat tinggi Afganistan, termasuk Presiden Hamid Karzai, Selasa (18/10/2011).

Abdul Waris alias Ashina ditangkap di Jalalabad, Afganistan timur, dengan bukti dokumen-dokumen palsu, termasuk izin untuk membawa senjata. Hal itu diungkapkan Lutfullah Mashal, juru bicara Direktorat Keamanan Nasional (NDS) Afganistan, di Kabul.

"Orang itu dapat memalsukan tanda tangan presiden, menteri pertahanan, menteri dalam negeri, kepala bagian lalu lintas, dan ketua majelis tinggi parlemen dengan menggunakan sebuah komputer," katanya.

"Ia memperkenalkan dirinya sebagai juru kamera yang bekerja di kantor presiden," lanjut Lutfullah.

Juru bicara NDS itu mengomentari apakah kasus itu terkait dengan gerilya pimpinan Taliban yang berperang terhadap Pemerintah Afganistan dan pasukan koalisi. Dengan korupsi hebat, kekerasan meningkat, dan pemerintahan yang tak layak, pemalsuan dokumen menjadi hal biasa di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com