Gilad Shalit Akhirnya Tiba di Israel

Kompas.com - 18/10/2011, 16:21 WIB
EditorEgidius Patnistik

JERUSALEM, KOMPAS.com — Tentara Israel, Gilad Shalit, yang telah ditawan di Gaza selama lebih dari lima tahun, tiba kembali di Israel, Selasa (18/10/2011), lapor televisi Israel, Chanel 2.

Belum ada konfirmasi dari para pejabat Israel tentang kedatangannya. Namun, stasiun itu menayangkan running teks berbunyi "Gilad Shalit sudah berada di Israel". Sementara gambar yang perlihatkan diambil dari televisi Mesir yang menunjukkan prajurit itu yang mengenakan topi bisbol warna hitam.

Dalam tayangan televisi Mesir itu, Shalid tampak kurus dan pucat, tetapi sehat. Ia dipegang kedua lengannya saat dikawal oleh serombongan orang berpakaian preman dan laki-laki bertopeng yang keluar dari sebuah truk pikap putih.

Sebelumnya, pada Selasa pagi, pejabat Palestina di Gaza menyatakan, Gilad Shalit sudah dibawa ke Mesir. Hal itu menandai awal kesepakatan pertukaran tawanan antara Israel dan Hamas dengan Mesir sebagai penengah. Pejabat itu mengatakan, Sersan Shalit dibawa ke Mesir dengan menggunakan SUV yang dipenuhi orang bersenjata. Kendaraan itu melintasi perbatasan dengan Mesir, kemudian segera kembali ke Gaza.

Di lain pihak, bus-bus yang membawa para tahanan asal Palestina juga bergerak masuk Mesir dengan tujuan akhir Gaza. Kesepakatan pertukaran tahanan itu menyebutkan, Hamas melepaskan Shalit yang sudah mereka tahan selama lima tahun, sementara Israel membebaskan 1.027 warga Palestina yang ditahan di negara itu.

Pertukaran itu, dengan sejumlah mediator Mesir karena Israel dan Hamas tidak saling berbicara secara langsung, tetap berlanjut di tengah kritik dan pengajuan banding di Israel yang menggugat kesepakatan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X