Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal 20 Pangkalan AS di Irak

Kompas.com - 18/10/2011, 07:29 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Hanya tinggal 20 pangkalan militer Amerika Serikat di Irak sebelum penarikan tentara AS akhir tahun ini. Jumlah itu menurun dari jumlah pada tertingginya, 505 pangkalan, kata juru bicara pemerintah Irak Ali al-Dabbagh dalam sebuah pernyataan, Senin (17/10/2011).

Terdapat "hanya 20 pangkalan AS tersisa yang belim dikosongkan, sementara pasukan AS meneruskan penarikan semua tentara serta peralatan mereka, dan akan menyerahkan pangkalan-pangkalan dan tempat-tempat itu pada pemerintah Irak menurut perjanjian yang ditandatangai antara kedua pihak itu", kata Dabbagh.

Ia merujuk ke perjanjian keamanan 2008 antara Baghdad dan Washington yang meminta semua tentara AS untuk meninggalkan negara itu pada akhir 2011.

Dabbagh menambahkan bahwa 485 markas dan tempat militer telah diserahkan pada pasukan Irak, dari jumlah puncaknya sebanyak 505 markas militer pada 2008.

Sekitar 39.000 tentara AS yang masih tersisa di Irak akan ditarik akhir tahun ini, kecuali Baghdad dan Washington mencapai perjanjian mengenai misi pelatihan militer AS pasca-2911.

Pembicaraan yang terhenti mengenai masalah kekebalan dari penuntutan Irak pada para pelatih militer Amerika. AS bersikeras bahwa setiap tentara yang tinggal di Irak harus memiliki kekebalan, sementara para pemimpin Irak mengatakan perlindungan seperti itu tidak perlu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com