Komandan Intelijen Afganistan Dihantam Bom

Kompas.com - 18/10/2011, 02:00 WIB
Penulis M.Latief
|
EditorLatief

MAZAR I SHARIF, KOMPAS.com — Bom bunuh diri menyerang seorang komandan badan intelijen Afganistan, Senin (17/10/2011), dan mencederai enam aparat intelijen, serta menewaskan seorang anak di wilayah utara negara itu. Penyerang meledakkan diri di dekat sebuah mobil yang membawa kepala Direktorat Keamanan Nasional (NDS) untuk provinsi Faryab sekitar pukul 08.20 (pukul 10.50 WIB) di kota Maymanah.

"Kepala NDS sedang pergi menuju kantornya ketika penyerang, seseorang yang memakai rompi bom, meledakkan diri di dekat mobilnya," kata Lal Mohammad, juru bicara kepolisian wilayah utara, kepada AFP.

Polisi mengonfirmasi bahwa komandan NDS itu terluka dan menjadi sasaran serangan tersebut.

"Seorang anak berusia delapan tahun tewas, dan dua anak lain, serta enam aparat intelijen cedera dalam serangan itu," kata Jawid Dedar, juru bicara Gubernur Provinsi Faryab.

Taliban tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar mengenai serangan itu. Sebelumnya, menurut juru bicara Kementerian Pertahanan, Zahir Azimi, pada Sabtu (15/10/2011), lima prajurit Afganistan tewas dan tiga orang cedera dalam serangan Taliban di wilayah barat negara itu. Seorang prajurit lain hilang setelah serangan itu, yang dilakukan di daerah Bakwa di Provinsi Farah.

Gerilyawan akhir-akhir ini memang terlihat meningkatkan serangannya terhadap aparat keamanan dan juga pembunuhan terhadap politikus, termasuk yang menewaskan Ahmed Wali Karzai, adik Presiden Hamid Karzai, di Kandahar, Juli, dan utusan perdamaian Burhanuddin Rabbani di Kabul, September lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.