Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Dipindah, Napi Sandera 60 Sipir

Kompas.com - 17/10/2011, 09:29 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Sekitar 60 pegawai sebuah penjara di Venezuela telah disandera oleh para narapidana (napi) yang meminta dipindahkan, kata pemerintah dan kelompok hak asasi Window of Freedom, Minggu (16/10/2011).

"Ada lebih kurang 60 orang, pekerja penjara, yang telah disandera sejak Jumat siang oleh sekelompok tawanan" di penjara Minima di negara bagian Carabobo, kata koordinator kelompok LSM pemantau penjara itu, Carlos Nieto, pada AFP.

Satu wawancana dengan Menteri Pemasyarakatan Iris Varela telah disiarkan pada Minggu (16/10/2011) di televisi Venezuela, tapi menteri itu tidak membicarakan situasi di Minima.

Namun Direktur tahanan regional, Reinaldo Rangel, memastikan dalam wawancara dengan saluran swasta Globovision bahwa "krisis" telah terjadi di penjara tersebut, dan bahwa pemerintah sedang mengusahakan dialog dengan para napi.

Penjara-penjara Venezuela menghadapi masalah kekerasan dan kepadatan yang berlebihan. Di negara itu tahanan yang membawa senjata bukan hal aneh. 

Pada Juli lalu, pemerintah Venezuela berhasil menumpas pemberontakan brutal yang berlangsung selama sebulan di sebuah penjara di dekat Caracas. Sayangnya penumpasan itu terjadi setelah 30 napi tewas.

Nieto mengatakan para napi "minta dipindahkan kembali ke penjara awal mereka", setelah dibawa ke fasilitas di Carabobo dalam beberapa bulan belakangan ini.

Ia mengatakan pemerintah telah memenuhi permintaan tawanan dan membolehkan pemindahan, tetapi seorang staf masih ditahan sebagai sandera saat para tawanan itu meminta pemindahan lagi.

Varela, yang memimpin sebuah kementerian yang baru dibentuk pada Juli lalu mengatakan pemerintah telah meningkatkan perang terhadap para "mafia" yang telah lama menimbulkan kekerasan di fasilitas-fasilitas tahanan di negara itu dan mendorong rencana untuk melucuti senjata tawanan.

Menurut data resmi, 34 penjara di negara itu telah menampung sekitar 50.000 napi, meskipun kapasitas semua penjara itu hanya untuk 14.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com