Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tawanan Tewas dalam Bentrokan di Penjara Meksiko

Kompas.com - 16/10/2011, 06:18 WIB

MEKSIKO, KOMPAS.com — Sebanyak 20 tawanan tewas dan 12 yang lain terluka dalam bentrokan yang berlangsung di sebuah penjara di Meksiko timur laut, dekat perbatasan Amerika Serikat, Sabtu (15/10/2011).

"Ada pertarungan antara para tawanan yang mengakibatkan kematian 20 tawanan dan melukai 12 orang yang lain di pusat tahanan di Matamoros," kata sekretariat keamanan umum Tamaulipas dalam sebuah pernyataan.

Bentrokan itu dimulai dari dua tawanan dan dengan cepat meluas, kata pemerintah, yang menyatakan bahwa polisi negara bagian dan federal telah datang untuk memulihkan ketertiban di fasilitas tersebut.

Penjara itu telah menjadi tempat sejumlah pelarian besar. Ada beberapa insiden, dan yang terbesar terjadi pada Maret 2010 ketika 41 tawanan kabur.

Tamaulipas, satu dari tujuh negara bagian yang berbatasan dengan AS, adalah medan tempur penting bagi kartel Teluk dan Zetas yang sangat berkuasa. Persaingan di antara mereka telah menyebabkan baku tembak berdarah di jalanan kota dan bentrokan anggota-anggota mereka yang dikurung di dalam penjara.

Pertempuran antarkartel itu untuk memperebutkan rute penyelundupan yang sangat menguntungkan ke AS, dan juga bentrokan dengan polisi dan militer Meksiko telah menyebabkan ketidaktertiban yang meningkat dan menimbulkan kekhawatiran pada dua sisi perbatasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com