Pertempuran Baru Pecah di Tripoli

Kompas.com - 15/10/2011, 14:48 WIB
EditorKistyarini

TRIPOLI, KOMPAS.com - Pasukan Moammar Khadafy belum habis, terbukti dengan pecahnya baku tembak antara mereka dengan petempur Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya di Tripoli, Jumat (14/10/2011).

Pertempuran ini merupakan pertama sejak Tripoli jatuh ke tangan para petempur NTC beberapa waktu lalu. Laporan-laporan menyebut tiga orang tewas dalam pertempuran baru itu. Sementara itu rumah sakit dilaporkan merawat sejumlah korban luka.

Baku tembak itu terjadi ketika orang-orang bersenjata pro-Khadafy menyerang petempur NTC di kawasan Abu Salim, distrik berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Tripoli. Kawasan ini memang dikenal sebagai salah satu pangkalan para pendukung Khadafy.

Pejabat keamanan Tripoli Abdelrazaq al-Aradi mengatakan dua loyalis Khadafy dan seorang petempur NTC tewas dalam baku tembak itu sementara 30 orang lainnya cedera.

Aradi, wakil ketua komite keamanan ibu kota Libya itu, mengemukakan bahwa sekitar 50 pendukung Khadafy yang bersenjata berada di belakang aksi itu. Dua puluh tujuh orang di antara mereka, termasuk empat "tentara sewaan Afrika," ditahan.

Itu adalah pertempuran pertama di ibu kota Libya itu sejak direbut pasukan anti-Khadafy Agustus lalu, dan terjadi saat penting dalam konflik yang telah berlangsung delapan bulan itu.

Pemerintah baru itu berharap akan mengumumkan pembebasan negara itu dalam beberapa hari ke depan dan mempersiapkan transisi kepada satu pemerintah terpilih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.