Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertempuran Baru Pecah di Tripoli

Kompas.com - 15/10/2011, 14:48 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com - Pasukan Moammar Khadafy belum habis, terbukti dengan pecahnya baku tembak antara mereka dengan petempur Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya di Tripoli, Jumat (14/10/2011).

Pertempuran ini merupakan pertama sejak Tripoli jatuh ke tangan para petempur NTC beberapa waktu lalu. Laporan-laporan menyebut tiga orang tewas dalam pertempuran baru itu. Sementara itu rumah sakit dilaporkan merawat sejumlah korban luka.

Baku tembak itu terjadi ketika orang-orang bersenjata pro-Khadafy menyerang petempur NTC di kawasan Abu Salim, distrik berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Tripoli. Kawasan ini memang dikenal sebagai salah satu pangkalan para pendukung Khadafy.

Pejabat keamanan Tripoli Abdelrazaq al-Aradi mengatakan dua loyalis Khadafy dan seorang petempur NTC tewas dalam baku tembak itu sementara 30 orang lainnya cedera.

Aradi, wakil ketua komite keamanan ibu kota Libya itu, mengemukakan bahwa sekitar 50 pendukung Khadafy yang bersenjata berada di belakang aksi itu. Dua puluh tujuh orang di antara mereka, termasuk empat "tentara sewaan Afrika," ditahan.

Itu adalah pertempuran pertama di ibu kota Libya itu sejak direbut pasukan anti-Khadafy Agustus lalu, dan terjadi saat penting dalam konflik yang telah berlangsung delapan bulan itu.

Pemerintah baru itu berharap akan mengumumkan pembebasan negara itu dalam beberapa hari ke depan dan mempersiapkan transisi kepada satu pemerintah terpilih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com