Al Qaeda Beri Bantuan Rakyat Somalia

Kompas.com - 15/10/2011, 10:48 WIB
EditorKistyarini

MOGADISHU, KOMPAS.com — Kelompok Al Qaeda menyumbang makanan, uang, dan pakaian untuk rakyat Somalia yang memperlihatkan hubungan dekatnya dengan gerilyawan Al Shabaab, kata satu lembaga pemantau, Jumat (14/10/2011).

Dengan mengutip gambar yang disiarkan oleh gerilyawan, kelompok pemantau Intel Center menyatakan, bantuan tersebut disampaikan dalam upacara meriah di negeri itu dalam upaya mengukuhkan landasan dukungan yang lebih kuat dengan rakyat Somalia.

Berbagai lembaga bantuan menyatakan, pengiriman rutin bantuan yang sangat diperlukan di negara yang dilanda kemiskinan tersebut hampir tak mungkin dilakukan akibat situasi keamanan, sementara gerilyawan secara rutin mencuri obat dan makanan yang disumbangkan serta pekerja bantuan diancam dengan pembunuhan.

Gerilyawan Al Shabaab melancarkan perang empat tahun di Mogadishu guna menggulingkan pemerintah Somalia sebelum tiba-tiba meninggalkan kebanyakan pangkalannya di ibu kota negeri itu pada Agustus. Mereka masih menguasai sebagian besar wilayah Somalia.

Banyak pengulas mengatakan ketidakpuasan di dalam negeri, sumber daya alam yang berkurang, dukungan rakyat, dan kegagalan mereka untuk mengusir pemerintah memaksa gerilyawan menghentikan aksi berdarah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.