Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Beri Bantuan Rakyat Somalia

Kompas.com - 15/10/2011, 10:48 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com — Kelompok Al Qaeda menyumbang makanan, uang, dan pakaian untuk rakyat Somalia yang memperlihatkan hubungan dekatnya dengan gerilyawan Al Shabaab, kata satu lembaga pemantau, Jumat (14/10/2011).

Dengan mengutip gambar yang disiarkan oleh gerilyawan, kelompok pemantau Intel Center menyatakan, bantuan tersebut disampaikan dalam upacara meriah di negeri itu dalam upaya mengukuhkan landasan dukungan yang lebih kuat dengan rakyat Somalia.

Berbagai lembaga bantuan menyatakan, pengiriman rutin bantuan yang sangat diperlukan di negara yang dilanda kemiskinan tersebut hampir tak mungkin dilakukan akibat situasi keamanan, sementara gerilyawan secara rutin mencuri obat dan makanan yang disumbangkan serta pekerja bantuan diancam dengan pembunuhan.

Gerilyawan Al Shabaab melancarkan perang empat tahun di Mogadishu guna menggulingkan pemerintah Somalia sebelum tiba-tiba meninggalkan kebanyakan pangkalannya di ibu kota negeri itu pada Agustus. Mereka masih menguasai sebagian besar wilayah Somalia.

Banyak pengulas mengatakan ketidakpuasan di dalam negeri, sumber daya alam yang berkurang, dukungan rakyat, dan kegagalan mereka untuk mengusir pemerintah memaksa gerilyawan menghentikan aksi berdarah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com