Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Tewaskan 27 Orang di Amerika Selatan

Kompas.com - 14/10/2011, 13:45 WIB

GUATEMALA CITY, KOMPAS.com - Dua badai menewaskan 27 orang dan puluhan ribu orang terpaksa meninggalkan rumah masing-masing sementara hujan lebat menghantam Amerika Tengah dan pantai Pasifik Meksiko, kata para pejabat, Kamis (13/10/2011).

Di Amerika Tengah saja tercatat 22 orang tewas dan 60.000 orang kehilangan tempat tinggal akibat badai, kata pihak berwenang lokal dan badan-badan urusan darurat.

Lima orang lainnya tewas di Meksiko, saat hujan lebat yang menyertai Topan Jova. Topan ini memaksa sedikitnya 4.000 orang meninggalkan rumah masing-masing.

Topan-topan itu menimbulkan banjir hebat, memblokir jalan-jalan dan menyebabkan putusnya aliran listrik dan tanah longsor. Banyak rumah hancur.

Guatemala merupakan wilayah yang paling parah akibat serangan Jova. Di negara itu 15 orang tewas dan lebih dari 52.000 orang mengungsi serta hujan deras merusak dan menghanyutkan jembatan-jembatan.

Empat orang hilang, kata Wakil Presiden Rafael Espada, mendesak penduduk tidak melakukan perjalanan yang tidak perlu dalam 48 jam ke depan, karena hujan diperkirakan akan turun lagi.

Hujan-hujan lebat menyebabkan tanah longsor di beberaoa jalan raya penting negara Amerika Tengah itu, di mana 274 orang tewas akibat banjir dan tanah longsor tahun lalu saat hujan paling lebat terjadi dalam 60 tahun belakangan ini.

Para anggota tim penyelamat menemukan tujuh mayat di El Salvador dan Nikaragu, sementara Honduras dan Kosta Rika hanya mengalami kerusakan properti.

Di Meksiko, Jova menghantam daerah pantai saat topan berkategori dua itu , Selasa melemah menjadi badai tropis.

Para pejabat menemukan mayat seorang pria yang hanyut di satu sungai di negara bagian Jalisco, yang paling parah menderita akibat topan itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com