Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Perkuat Pengaruh di Korut lewat Jalur KA

Kompas.com - 13/10/2011, 18:02 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah jalur baru kereta api yang menghubungkan Rusia dengan Korea Utara telah dibuka. Satu rangkaian kereta api melakukan perjalanan pertamanya dari Rusia ke Korut pada Kamis (13/10/2011).

Jalur sepanjang 54 kilometer ini menghubungkan kota pelabuhan Rajin dan sebuah terminal kargo yang pembangunannya tengah dikerjakan.

Pengoperasian jalur ini diharapkan bisa meningkatkan hubungan ekonomi antara Rusia dengan negara yang terisolasi itu, juga dengan negara-negara lain di kawasan itu.

Kereta api yang bertolak dari kota perbatasan Rusia, Khasan, dengan Rajin, bisa dioperasikan setelah renovasi jalur selama tiga tahun itu rampung. Renovasi itu dipimpin perusahaan kereta api Rusia.

"Segmen jalan kereta api ini merupakan bagian pertama dari proyek rekonstruksi semua jalur kereta api Trans-Korea dan integrasi lebih lanjut dengan jalur Trans-Siberia," demikian pernyataan wakil presiden perusahaan KA Rusia, Valery Reshetnikov.

Dalam perjanjian yang ditandatangani pada 2008 itu disebutkan juga rencana pembangunan sebuah terminal kargo modern di Rajin dalam sebuah proyek yang diperkirakan memerlukan biaya 8.3 miliar rubel. Jalur kereta api ini akan digunakan untuk mengangkut batubara dari Rusia, selain untuk keperlua lain.

Perusahaan kereta api Rusia selama ini sudah melayani lajur dari Moskwa ke Pyongyang, ibukota Korsel. Namun layanan ini hanya beroperasi dua kali dalam sebulan dan diperlukan sepekan untuk menempuh jarak 10.000 kilometer antara Moskwa - Pyongyang.

Jalur Khasan-Rajin ini diharapkan bisa membantu Rusia dalam meningkatkan perdagangan antara wilayah Timur Jauh Rusia dengan negara tetangganya.

Wali Kota Khasan Ivan Stepanov mengatakan proyek ini memberi napas segar bagi kotanya yang hanya berpenduduk 800 orang serta untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru di sana.

"Kami praktis terisolasi selama 20 tahun," ujar Stepanov.

"Kami tidak memiliki lapangan pekerjaan, sehingga orang-orang memilih pergi," katanya, seraya menambahkan bahwa akses ke Rajin juga akan memberi Rusia lebih banyak peluang perdagangan dengan Korea Utara, China, dan Eropa.

Mereka termasuk rencana jangka terhenti untuk kereta api trans-Korea, pembangunan saluran transmisi listrik dan pipa yang membawa gas Rusia ke Korea Selatan melalui Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com