Hubungan UE-Ukraina Terganggu

Kompas.com - 12/10/2011, 20:59 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Menurut Menteri Luar Negeri Belanda Uri Rosenthal, hukuman tujuh tahun penjara untuk mantan Perdana Menteri Ukraina Yulia Tymoshenko mengganggu hubungan Ukraina dan Uni Eropa (UE). "Hal itu mengganggu hubungan kerja sama Uni Eropa dengan Ukraina," kata Rosenthal di Den Haag sebagaimana warta Xinhua pada Rabu (12/10/2011).

Rosenthal menambahkan, ia dalam waktu dekat bakal membicarakan masalah ini dengan koleganya di UE.

Pengadilan Ukraina, pada Selasa (11/10/2011), menyatakan, Yulia bersalah dalam kasus impor gas Ukraina dari Rusia pada 2009. "Gara-gara penetapan harga mahal dalam perjanjian itu, Ukraina kehilangan dana 190 juta dollar AS," kata hakim Rodion Kireev.

Tak hanya itu, Yulia juga mesti membayar 147 juta dollar AS sebagai dampak dari kehilangan itu. "Yulia bisa mengajukan banding dalam 15 hari sejak vonis dijatuhkan," kata Kireev.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.