Spanyol Tarik Pesawat Tempurnya dari Libya

Kompas.com - 12/10/2011, 20:48 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

MADRID, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Spanyol Carme Chacon menyatakan, Spanyol akan menarik empat pesawat tempur F/A-18 Hornet dari operasi NATO di Libya karena Dewan Transisi Nasional (NTC) telah mengambil alih kendali di hampir seluruh Libya.

Chacon mengatakan hal itu dalam telekonferensi dengan para prajurit Spanyol yang bertugas di luar negeri, Rabu (12/10/2011). Empat pesawat tempur itu akan kembali ke Spanyol, hari Sabtu pekan ini, tetapi selalu siap dikirim kembali ke Libya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Dua pesawat tanker, satu kapal fregat, dan sebuah pesawat patroli maritim Spanyol akan tetap menjalankan misi-misi di Libya. Menurut Chacon, keputusan penarikan empat pesawat tempur ini telah disetujui oleh para komandan NATO di Libya.

Sebelumnya, empat Hornet itu ditempatkan di Pangkalan Udara Decimomannu milik Angkatan Udara Italia di Pulau Sardinia, sejak Maret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.