Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezuela Tegaskan Dukungan ke Palestina

Kompas.com - 12/10/2011, 13:18 WIB

CARACAS, KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez pada Selasa (11/10/2011) menegaskan kembali dukungannya atas upaya Palestina untuk memperoleh keanggotaan penuh Perserikatan Bangsa- Bangsa dalam pertemuannya dengan Presiden Mahmoud Abbas.

"Mendukung perjuangan Palestina sama dengan mendorong deklarasi damai," kata Chavez.

Chavez juga mengkritik Amerika Serikat yang akan memveto pengajuan keanggotaan penuh Palestina itu di Dewan Keamanan. Presiden Venezuela itu juga memuji hubungan bilateral antara kedua negara yang semakin erat.

Abbas menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang ditunjukkan Venezuela dan sejumlah negara lain di kawasan Amerika Selatan.

Presiden Palestina itu tiba di Venezuela pada Selasa setelah berkunjung ke Kolombia. Kunjungan itu dimaksudkan untuk menggalang dukungan bagi pengakuan kemerdekaan dan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

Sebelumnya Abbas telah berkunjung ke Republik Dominika dan El Salvador. Ia pun dijadwalkan melakukan lawatan ke Portugal.

Abbas melayangkan surat permohonan resmi untuk keanggotaan penuh PBB pada 23 September lalu, namun hingga kini upaya itu belum berhasil karena mendapat penentangan dari sejumlah negara Barat yang lebih memihak Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com