Petempur NTC Libya Kuasai Markas Polisi Sirte

Kompas.com - 12/10/2011, 10:38 WIB
EditorEgidius Patnistik

SIRTE, KOMPAS.com — Para petempur rezim baru Libya, Selasa, merebut markas besar kepolisian di pusat kota kelahiran Moammar Khadafy, Sirte, setelah pendukung-pendukung setia pemimpin yang terguling itu meninggalkannya.

Petempur-petempur Dewan Transisi Nasional (NTC), badan eksekutif pemberontak yang kini berkuasa di Libya, merayakan pengambilalihan gedung keamanan strategis itu dengan membunyikan klakson kendaraan mereka dan menembak ke udara. Mereka kemudian terus maju ke pusat kota dan menghancurkan poster-poster Khadafy yang buron, yang mereka temui di dalam kota itu.

Berbeda dengan Senin lalu, ketika pasukan NTC diserang dengan roket dan tembakan senjata saat mereka memerangi para pendukung setia Khadafy di jalan-jalan di kota dekat Laut Tengah itu, mereka tidak menemui perlawanan sama sekali dari pasukan Khadafy pada Selasa saat mereka masuk ke pusat kota tersebut. Pasukan yang berjumlah sekitar 30 petempur itu memeriksa setiap rumah saat bergerak maju dari bagian timur kota itu pada Selasa pagi, mendobrak pintu dan saling memberi perlindungan dari kemungkinan serangan penembak jitu yang bersembunyi di atap rumah.

Pakaian yang ditinggalkan tentara dan sisa makanan ditemukan di beberapa bagian bangunan itu. Para petempur menjadi lebih hati-hati saat mereka mencapai pusat kota. Mereka menempel ke pinggir bangunan karena takut penembak jitu telah menunggu di dalam dan atap banyak bangunan tinggi.

Mereka kemudian berkumpul di markas besar kepolisian, memperkirakan pertempuran, tetapi mendapati tempat itu telah ditinggalkan.

Senin, tentara NTC merebut pusat konferensi terkenal, universitas, dan rumah sakit. Pasukan NTC telah mengepung Sirte sejak 5 September sebelum pada Jumat mereka melancarkan apa yang mereka katakan sebagai "serangan akhir".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.