Khadafy Diduga Bersembunyi di Perbatasan

Kompas.com - 11/10/2011, 15:40 WIB
EditorKistyarini

TRIPOLI, KOMPAS.com — Pemimpin terguling Libya Moammar Khadafy diduga bersembunyi di kawasan segitiga di Libya barat daya, yang berbatasan dengan Nigeria dan Aljazair, kata anggota Dewan Peralihan Nasional (NTC) Moussa Al Koni, Senin (10/10/2011).

Dalam jumpa pers di ibu kota Libya, Tripoli, Al Koni mengatakan, kawasan segitiga tersebut berada di luar kendali Libya sehingga dapat memberikan tempat bagi Khadafy dan pengikut setianya keluar masuk perbatasan.

Daerah itu memiliki kondisi geografis yang berat dengan gurun pasir dan pegunungan serta terdapat sedikit populasi, kata Al Koni.

"Setahu saya, Khadafy berada di kawasan segitiga itu agar dapat melarikan diri dan berpindah dengan cepat secara aman menuju Aljazair, Nigeria maupun Mali," kata Al Koni.

Al Koni, yang mewakili warga minoritas Tuareg di dalam NTC, juga menyangkal laporan bahwa suku Tuareg menyembunyikan anggota rezim Khadafy.

Al Koni menyarankan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk mengerahkan sejumlah helikopter serta pesawat tanpa awak guna mencari Khadafy di kawasan tersebut karena pihak militer Tuareg kurang memiliki kemampuan teknis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.