Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

140 Napi Saudi Tunggu Hukuman Pancung

Kompas.com - 11/10/2011, 08:45 WIB

RIYADH, KOMPAS.com — Seorang pria Saudi yang dinyatakan bersalah membunuh neneknya sendiri dihukum pancung Senin di Madinah, kata Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan yang disiarkan kantor berita SPA.

Bandar al-Louhaibi memasuki rumah neneknya dengan niat mencuri, tetapi ketika wanita itu berusaha menghentikannya, ia menikamnya berulang kali, kata pernyataan tersebut.

Dengan eksekusi Senin (10/10/2011) itu, jumlah orang yang dipancung di Arab Saudi tahun ini menjadi sedikitnya 58.

Arab Saudi "memulai lagi eksekusi-eksekusi pada kecepatan yang mengkhawatirkan", kata Amnesti Internasional bulan lalu, dengan menambahkan bahwa sekitar 140 narapidana diperkirakan berada dalam daftar hukuman mati di negara kerajaan tersebut.

Organisasi yang bermarkas di London itu mengatakan, Arab Saudi adalah salah satu dari sejumlah kecil negara yang menentang resolusi Majelis Umum PBB pada Desember yang mendesak moratorium hukuman mati di seluruh dunia.

Pemerkosaan, pembunuhan, kemurtadan, perampokan bersenjata, dan penyelundupan narkoba bisa dikenai hukuman mati sesuai dengan hukum Islam di negara Arab yang kaya minyak itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com