Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Guncang Kandahar, Terjadi Baku Tembak

Kompas.com - 09/10/2011, 06:57 WIB

KANDAHAR, KOMPAS.com - Ledakan mengguncang kota Kandahar, 450 kilometer selatan ibu kota Kabul, Afghanistan Sabtu malam (8/10/2011), dan diikuti tembakan-tembakan senjata.  

"Ledakan diduga sebagai serangan roket menghantam kota Kandahar sekitar pukul 21:40 waktu setempat. Ledakan itu diikuti beberapa tembakan. Dikhawatirkan jatuh korban," kata pejabat yang menolak disebut namanya, seperti dikutip Reuters.     

Shir Shah Yusufzai wakil Kepala Kepolisian provinsi Kandahar membenarkan ledakan itu, namun laporan mengenai apa yang sebenarnya terjadi akan diumumkan setelah penyelidikan. Belum jelas siapa yang terlibat dalam peristiwa baku tembak tersebut.     

Sebelumnya, pada Jumat kelompok Taliban berjanji akan melanjutkan perang sampai semua pasukan asing meninggalkan Afghanistan. Pernyataan itu dikeluarkan menandai 10 tahun operasi militer AS di negara itu.     

Presiden Hamid Karzai dan para pendukung Barat sepakat semua pasukan asing akan keluar dari Afghanistan sebelum akhir 2014, namun Barat menjanjikan dukungan yang berlanjut setelah masa itu, dalam bentuk dana dan pelatihan bagi pasukan keamanan Afghanistan.     

Tanggal 7 Oktober merupakan peringatan 10 tahun operasi militer AS di Afghanistan, yang diluncurkan setelah serangan 11 September 2001 di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com