Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun Ke-80 Tutu Amat Meriah

Kompas.com - 09/10/2011, 02:28 WIB

cape town, jumat - Ikon rekonsiliasi dan perdamaian Afrika Selatan, Uskup Agung Desmond Tutu, merayakan hari ulang tahun ke-80 pada 7 Oktober lalu di Cape Town, Afrika Selatan. Para selebriti dunia tumpah ruah ke Johannesburg, di antaranya Bono dari U2.

Lokasi acara ulang tahun diadakan di sebuah gereja Anglikan, tempat dia pernah berpidato untuk mengecam apartheid. Afrika Selatan adalah negara yang ratusan tahun dijajah dan dikuasai segelintir elite kulit putih, yang menekan warga kulit hitam.

Menjelang hari ulang tahunnya, dia mengkritik partai penguasa Afsel (Kongres Nasional Afrika/ANC). Ia mengatakan, ANC yang kini berkuasa di pemerintahan bahkan jauh lebih buruk dalam tingkat hal tertentu.

Ketimpangan, struktur kepemilikan ekonomi yang sejak lama dikuasai kelompok kulit putih, tetap tidak berubah. Kriminalitas dan korupsi tidak kunjung berubah drastis di Afsel, yang sejak tahun 1994 dikuasai ANC.

Tutu juga marah karena Dalai Lama gagal mendapatkan visa dari Pemerintah Afsel. Ia mengatakan hal itu sebagai cacat nasional. Dia marah karena menilai Presiden Afsel Jacon Zuma lebih mementingkan hubungan ekonomi dengan China sehingga tidak bisa memutuskan pemberian visa kepada Dalai Lama.

Namun, Tutu mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Afsel Kgalema Motlanthe karena turut hadir pada acara ulang tahun itu. Sepekan lalu, Motlanthe berada di Beijing untuk bertemu dengan para pejabat China.

Dalam kunjungan itu, para pejabat China meminta Afsel agar tidak menerima kedatangan Dalai Lama sekaligus menjanjikan investasi senilai 2,5 miliar dollar AS untuk Afsel. ”Terima kasih telah datang meski ada sedikit hiruk-pikuk,” kata Tutu.

Acuan moralitas

Tutu meraih Hadiah Nobel Perdamaian 1984 atas sikapnya yang melawan secara konsisten minoritas kulit putih. Hingga kini dia tetap merupakan salah satu selebriti dunia dan masih tetap dianggap sebagai acuan moralitas di Afsel.

Para bintang musik dunia, seperti Bono dari U2, rohaniwan dunia dari beberapa agama memadati Katedral St Georges di Cape Town untuk acara agama demi perayaan hari ulang tahunnya. Nuansa Afrika dalam pesta ulang tahunnya amat terasa dalam pesta di luar gereja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com