Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hugo Chavez Sudah Ambil Ancang-ancang

Kompas.com - 08/10/2011, 16:48 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Manuver Presiden Venezuela Hugo Chavez terkesan tak terbendung. Menjelang pemilihan umum presiden pada 2012, ia malahan sudah meluncurkan koalisi politik sayap kiri. Ia mengundang organisasi akar bawah dan partai-partai kecil menandatangani sebuah pakta politik yang di beri nama Kutub Patriot Raya bersama Partai Sosialis yang kini berkuasa.

"Ini adalah tonggak sejarah dalam revolusi sosialis," kata Chavez dalam upacara penandatanganan di Caracas sebagaimana warta AP dan AFP pada Sabtu (8/10/2011).

Chavez telah berkuasa di Venezuela sejak 1999. Ia bahkan memenangi semua pemilihan umum hingga sekarang.

Pemimpin berusia 57 tahun tersebut mengatakan dia akan tetap memenangi pemilu mendatang, meski menjalani operasi kanker Juni silam. "Kami akan memberikan pukulan bagi orang kaya!" katanya kepada para pendukungnya di istana kepresidenan Miraflores.

Dalam upacara itu dia juga terlihat santai dan ikut menari dan bercanda dengan penyanyi lokal.

Partai politik, serikat dagang, dan pergerakan sosial lainnya diberi tenggat waktu selama beberapa minggu untuk ikut menandatangani koalisi Kutub Patriot.

Tantangan oposisi

Meski membuat koalisi, sepertinya Chavez akan menghadapi tantangan kuat partai oposisi. Pada Februari 2012 nanti, oposisi akan memilih kandidat tunggal yang akan menjadi pesaingnya pada pemilu Oktober 2012 mendatang.

Strategi oposisi untuk memenangi pemilu tahun depan adalah dengan memanfaatkan rasa ketidakpuasan warga atas tingkat kriminalitas yang tinggi dan peningkatan inflasi di Venezuela selama kepemimpinan Chavez.

Tetapi, Chavez sendiri masih mendapat dukungan luas, terutama dari kalangan miskin yang memperoleh keuntungan dari program peningkatan anggaran kesehatan dan pendidikan pemerintahan Chavez.

Jajak pendapat sementara ini menunjukan Chavez bisa menang 60 persen saat pemilu Oktober 2012 nanti.

Penyakit kanker yang awalnya dikhawatirkan akan menjadi kendala bagi Chavez, justru dianggap menjadi salah satu kekuatannya dalam pemilu nanti. Pasalnya, dia mendapatkan banyak simpati dari warga atas penyakit tersebut. Maka dari itulah, Chavez masih menjadi favorit.

Kendati demikian, timbul pertanyaan apakah kondisi kesehatannya saat ini akan membuat dia cukup mampu  memimpin kampanye dan memerintah Venezuela untuk enam tahun mendatang.

Awal pekan ini Chavez membantah kabar yang menyebut dia dibawa ke rumah sakit karena mengalami gagal ginjal akibat perawatan kanker yang saat ini dijalaninya. Dia mengaku kondisinya terus pulih setelah menjalani operasi dan kemoterapi di Kuba. Tapi, sejauh ini dia masih merahasiakan jenis kanker yang dideritanya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com