Gaji Steve Jobs Hanya 1 Dollar AS Per Tahun

Kompas.com - 07/10/2011, 15:46 WIB
EditorKistyarini

PALO ALTO, KOMPAS.com — Orang pasti membayangkan Steve Jobs, sebagai CEO sebuah brand paling berharga di dunia, bergaji sangat tinggi. Pada kenyataannya, gaji Jobs hanya 1 dollar AS per tahun.

Jobs mendapat gaji 1 dollar AS sejak 1997. Tentang gajinya itu, pada 2007 Jobs pernah berkelakar, "Saya digaji 50 sen setiap tahun untuk datang ke kantor, dan 50 sen sisanya untuk performa saya dalam bekerja."

Tentu saja penghasilan Jobs bukan dari gajinya di Apple. Pada awal 2011, Jobs memiliki 5,5 juta saham Apple. Setelah kematiannya, saham Apple bernilai 377,64 dollar AS per lembar.

Menurut majalah Forbes, dengan kekayaan senilai 8,3 miliar dollar AS, Jobs menduduki peringkat ke-110 dalam daftar orang terkaya dunia. Namun, sumber kekayaan terbesarnya adalah ketika dia menjual Pixar ke Disney dengan nilai 7 juta dollar AS.

Andai saja dia tidak menjual sahamnya saat meninggalkan Apple pada 1985, sebelum kemudian kembali pada 1996, bisa saja dia menjadi orang terkaya kelima di dunia.

Saat meninggal dunia, Rabu (6/10/2011), Jobs meninggalkan Laurene, istrinya, serta tiga anak mereka, Reed, Erin, dan Eve. Dia juga memiliki anak perempuan dari hubungannya sebelum menikah, yakni Lisa Brennan-Jobs.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.