AS Khawatirkan Citra Buruknya di Pakistan

Kompas.com - 07/10/2011, 14:11 WIB
EditorKistyarini

WASHINGTON, KOMPAS.com — Washington khawatir tentang citra negatifnya di mata rakyat Pakistan dan bersumpah menggunakan aset diplomatik serta bantuan untuk mengubah penurunan citranya. Demikian kata Departemen Luar Negeri AS, Kamis (6/10/2011).

"Kami prihatin tentang banyaknya jumlah penentangan dalam jajak pendapat umum di Pakistan," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Victoria Nuland.

Komentar-komentar Nuland muncul setelah beberapa jam sebelumnya Presiden AS Barack Obama memperingatkan Pakistan mengenai dugaan hubungannya dengan kelompok garis keras, termasuk jaringan Haqqani.

Washington mengatakan pihaknya tidak akan menerima hubungan jangka panjang di mana Pakistan "tidak sadar" terhadap kepentingan AS.

Dia mengatakan, fokus utama Kedutaan Besar AS di Islamabad untuk memberikan "gambaran yang akurat" ke seluruh bagian Pakistan dan mengakui kadang-kadang "sulit untuk menembus, mengingat emosi yang intens tentang aspek lain dari hubungan mereka.

Dia menekankan bahwa bantuan sipil AS ke Pakistan, yang belum terpengaruh memburuknya hubungan, akan membantu Pakistan meningkatkan perekonomian, pendidikan, dan lain-lain. Dia menambahkan, AS akan terus melakukan upaya di daerah-daerah ini untuk mendukung negara.

Pada bulan lalu, Ketua Gabungan Kepala Staf AS Mike Mullen menuduh jaringan Haqqani menjadi "tangan" dari dinas intelijen Pakistan. Tuduhan itu memicu amarah dari Pakistan.

Sengketa terakhir itu telah memperburuk hubungan kedua negara yang sebetulnya sudah rusak parah setelah pasukan khusus AS diam-diam memasuki wilayah Pakistan dan membunuh pemimpin Al-Qaida Osama bin Laden tanpa sepengetahuan dan izin dari Islamabad pada Mei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.