Bantu AS Sergap Bin Laden, Dokter Didakwa Pengkhianatan

Kompas.com - 07/10/2011, 11:34 WIB
EditorKistyarini

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Seorang dokter yang dituduh membantu CIA dalam melacak Osama bin Laden terancam pasal pengkhianatan tingkat tinggi terhadap negara oleh sebuah komisi penyelidikan Pakistan.

Komisi itu bertugas menyelidiki serangan Amerika Serikat terhadap Bin Laden di rumahnya di Abottabad, Pakistan, Mei lalu.

Media Pakistan, Dawn, melaporkan, dr Shakil Afridi dituduh berusaha membantu CIA mengumpulkan sampel DNA Bin Laden dan anggota keluarganya dengan cara menggelar vaksinasi di Abottabad.

Afridi ditahan tak lama setelah penyerbuan yang dipimpin pasukan komando AS pada 2 Mei 2012.

Komisi itu memutuskan, seperti dikutip BBC, catatan dan bukti cukup untuk mendakwa Afridi dengan alasan "konspirasi melawan Negara Pakistan dan pengkhianatan tingkat tinggi".

Komisi pimpinan mantan hakim agung itu dibentuk untuk menyelidiki bagaimana AS bisa memasuki Pakistan dan menyelesaikan misi (membunuh Bin Laden) di luar pengetahuan Pakistan.

Komisi itu juga bertugas menyelidiki bagaimana Bin Laden bisa tinggal di Abottabad selama beberapa tahun.

Pakistan menyebut serbuan AS itu sebagai pelanggaran atas kedaulatan Pakistan. Penangkapan Afridi diduga bakal memperuncing hubungan antara CIA dan badan intelijen Pakistan, ISI.

BBC melaporkan, Washington mendesak dokter itu dibebaskan dan dikirim untuk tinggal di AS.

Jika terbukti melakukan pengkhianatan terhadap negara, maka Afridi berhadapan dengan hukuman mati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.