Visi Steve Jobs Definisikan Abad XXI

Kompas.com - 07/10/2011, 05:41 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com --  Saat dunia membutuhkan lebih banyak orang seperti dia, Steve Jobs justru meninggalkan dunia pada usia relatif muda, 56 tahun. Salah satu pendiri Apple Inc itu meninggal di rumahnya di Palo Alto, California, Amerika Serikat, Rabu (5/10/2011), karena sejenis kanker pankreas langka. Tidak berlebihan jika Jobs, dengan visi dan karyanya, disebut sebagai orang yang telah mendefinisikan abad ke-21, era yang sejak lama diimpikan sebagai abad teknologi.

Dekade pertama abad ini berlalu nyaris membosankan. Mimpi penulis Arthur C Clarke dan sutradara Stanley Kubrick bahwa pada 2001 manusia sudah menjelajah ke planet lain belum terwujud. Hingga kini belum ada robot berkulit manusia berkeliaran di jalan seperti di film Terminator.

Adalah Jobs dengan visi masa depannya yang mewujudkan sebagian mimpi fiksi ilmiah jadi kenyataan. Ini bermula pada 2001 dengan peluncuran iPod, alat pemutar musik digital mini, yang serta-merta menggeser kemasyhuran Walkman dari abad sebelumnya.

Kesuksesan iPod, didukung iTunes, disusul berturut-turut iPhone pada 2007 dan iPad pada 2010. Produk terakhirnya—yang berbentuk seperti sabak, papan tulis dari batu berbingkai—inilah yang mengguncangkan dunia dan mengubah cara hidup orang dari abad-abad lampau, mulai dari cara membaca buku, melihat peta, menonton film, bermain musik, sampai bermain catur.

Fokus dan intuitif

Jobs tak sendirian mewujudkan itu semua. Alat pemutar musik digital, telepon pintar, dan komputer tablet sudah ada sebelum iPod, iPhone, dan iPad beredar. Namun, sejarah mencatat, produk Apple mengguncang dunia. ”Ini bukan soal budaya pop, bukan soal membodohi orang, dan bukan soal meyakinkan orang untuk menginginkan benda yang tak mereka inginkan. Kami membuat apa yang kami inginkan. Dan, saya pikir kami cukup baik menjalankan disiplin untuk memikirkan, apakah orang lain juga akan menginginkannya,” ungkap Jobs kepada majalah Fortune, 2009.

Keuntungan materi bukan menjadi tujuan utama Jobs. Salah satu nilai dasar yang ia tanamkan di Apple Inc, ”Buatlah sesuatu yang memberikan kontribusi besar bagi masyarakat, sesuatu yang bisa ’membuat lekukan di alam semesta’. Saat itu tercapai, keuntungan materi akan mengikuti dengan sendirinya.”

Nilai dasar lain yang Jobs terapkan adalah kebersahajaan dan fokus. Bersahaja seperti terlihat dalam desain produk-produk dan fokus dalam arti tak mudah tergoda arus pasar. ”Itu diawali dengan berkata tidak pada 1.000 hal untuk memastikan kami tak masuk ke jalur yang salah atau berusaha melakukan terlalu banyak hal. Kami selalu berpikir tentang pasar baru yang bisa kami masuki, tetapi hanya dengan berkata tidak, kami bisa berkonsentrasi pada hal-hal terpenting,” ungkap Jobs, seperti dikutip BusinessWeek, Oktober 2004.

”Jangan biarkan opini orang-orang mengubah suara batin Anda. Yakin dan ikutilah suara hati dan intuisimu. Hal-hal lain hanyalah faktor sekunder,” kata Jobs. (AFP/DHF)

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.