Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Mendalam Ian Livingstone buat Steve Jobs

Kompas.com - 06/10/2011, 17:24 WIB

KOMPAS.com — Life President Eidos Ian Livingstone yang selama ini dikenal sebagai produser game Tomb Raider awalnya tidak mengetahui bahwa Steve Jobs meninggal dunia hari ini. Ian kaget saat ditemui Kompas.com dan ditanya mengenai meninggalnya inovator Apple tersebut. Ian terkejut dan berbelasungkawa.

"Benarkah Steve Jobs meninggal? Saya belum baca berita hari ini. Jika memang benar, maka saya sangat bersedih mendengarnya," ujar Ian saat mengunjungi kantor developer game Logika Interaktif, Jakarta, Kamis (6/10/2011). Ian hari ini datang ke kantor developer game Logika Interaktif untuk bertemu dengan 3 developer Indonesia, yakni Kumara, Nusantara Online, dan Altermyth.

Ian mengaku belum sempat membaca berita hari ini sehingga tidak mengetahui kepergian Steve Jobs. Menurut Ian, Steve Jobs adalah sosok kreatif yang bisa membuat desain yang elegan sekaligus sangat berguna. Biasanya sebuah produk yang memiliki desain bagus cenderung hanya bisa dipajang. Sebaliknya, sesuatu yang berguna kadang memiliki desain yang kurang menarik. Menurut Ian, Steve Jobs bisa menyatukan kedua unsur tersebut menjadi inovasi baru yang bermanfaat bagi semua orang.

Kontribusi Steve Jobs sendiri untuk industri game menurut Ian sangat berpengaruh. Steve mampu membuat game yang memiliki tempat untuk dipublikasikan dan dijual kepada masyarakat. "Apple Store yang dibangun Steve Jobs membantu game publisher untuk menjual berbagai aplikasi di iPhone dan iPad sehingga developer game semakin tertantang untuk membuat aplikasi game untuk perangkat bergerak," ungkap Ian.

Ian juga mengaku pernah punya keinginan untuk bertemu Steve Jobs. Namun, ia belum memiliki kesempatan tersebut, bahkan kini Jobs sudah terlanjur pergi. "Steve Jobs adalah orang yang sangat mengagumkan. Ia bisa melakukan apa yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Dia seorang inspirator yang elegan," ungkap Ian.

Menurutnya, Steve Jobs bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja untuk melakukan sesuatu yang inovatif, out of the box, dan bisa memberi solusi bagi banyak orang. "Steve Jobs adalah pemimpin dan inovator yang berpengaruh. Dia adalah salah satu orang paling menakjubkan yang pernah ada di dunia," tutup Ian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com