Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Bicarakan Libya dan Afganistan

Kompas.com - 05/10/2011, 17:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Agenda utama pembicaraan para menteri pertahanan negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Brussels sejak Rabu (5/10/2011) hingga besok adalah soal Libya dan Afganistan. "Kami akan melakukan peninjauan kembali soal misi reguler untuk melindungi warga sipil," kata Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta menekankan pertempuran untuk melindungi rakyat sipil, baik di Libya maupun di Afganistan, harus berakhir sebelum NATO meninggalkan kedua negara tersebut.

Sementara itu, meski memuji keberhasilan operasi di Libya, Rasmussen menekankan pentingnya penguasaan wilayah agar operasi betul-betul mampu memenuhi target perlindungan, sebagaimana warta Xinhua

Topik lain yang juga menjadi bahan diskusi adalah kerja sama di antara para anggota NATO untuk saling berbagi sumber-sumber militer. Hal ini menyangkut persoalan krisis finansial yang sekarang melanda Eropa dan Amerika Serikat.

Agenda NATO untuk berangsur pergi dari Afganistan. "Transisi di Afganistan akan terus berlangsung setahap demi setahap hingga 2014," begitu salah satu pesan yang mengemuka dalam pertemuan itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com