NATO Bicarakan Libya dan Afganistan

Kompas.com - 05/10/2011, 17:18 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Agenda utama pembicaraan para menteri pertahanan negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Brussels sejak Rabu (5/10/2011) hingga besok adalah soal Libya dan Afganistan. "Kami akan melakukan peninjauan kembali soal misi reguler untuk melindungi warga sipil," kata Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta menekankan pertempuran untuk melindungi rakyat sipil, baik di Libya maupun di Afganistan, harus berakhir sebelum NATO meninggalkan kedua negara tersebut.

Sementara itu, meski memuji keberhasilan operasi di Libya, Rasmussen menekankan pentingnya penguasaan wilayah agar operasi betul-betul mampu memenuhi target perlindungan, sebagaimana warta Xinhua

Topik lain yang juga menjadi bahan diskusi adalah kerja sama di antara para anggota NATO untuk saling berbagi sumber-sumber militer. Hal ini menyangkut persoalan krisis finansial yang sekarang melanda Eropa dan Amerika Serikat.

Agenda NATO untuk berangsur pergi dari Afganistan. "Transisi di Afganistan akan terus berlangsung setahap demi setahap hingga 2014," begitu salah satu pesan yang mengemuka dalam pertemuan itu.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.