Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyun Bin Promosikan Senjata Korea di Indonesia

Kompas.com - 05/10/2011, 11:20 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan menyatakan bahwa aktor Hyun Bin melakukan kunjungan ke Indonesia selama tiga hari sebagai duta militer, 5-7 Oktober, demikian laporan dari laman Korea Herald.

Sejumlah agenda menanti aktor yang kini bergabung dengan Korps Marinir Korea Selatan itu selama kunjungannya di Indonesia. Dia dijadwalkan menghadiri upacara hari jadi TNI di Jakarta pada Rabu (5/10/2011), juga akan mengunjungi Korps Marinir Indonesia.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, kunjungan itu atas undangan Pemerintah Indonesia, di saat Secret Garden, drama televisi yang dibintangi Hyun Bin, sedang cukup populer.

Setelah melalui perdebatan, Kementerian Pertahanan Korea Selatan akhirnya memenuhi undangan itu dan melihatnya sebagai peluang untuk mempromosikan industri persenjataan Korea Selatan.

"Indonesia merupakan negara yang penting buat Korea Selatan karena adanya ekspor peralatan militer kami, seperti jet latih T-50 dan kapal selam. Kami bisa menaikkan citra militer hanya dengan menampilkan bintang-bintang Korea yang menjadi anggota militer," kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korea Selatan, seperti dikutip harian Chosun Ilbo, Selasa (4/10/2011)

Selama di Indonesia, Hyun Bin akan didampingi seorang perwira angkatan laut.

Namun, dalam kunjungan ini Hyun Bin tidak dalam kapasitas sebagai aktor yang menjadi tentara ataupun tentara yang bertugas dalam unit hubungan masyarakat dari militer. Dia hanya akan menjadi seorang anggota pasukan tempur biasa.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan tampaknya sudah memperhitungkan bakal ada kritik terkait pengiriman Hyun Bin. Kunjungan ke Indonesia ini juga bukan kunjungan pertamanya sebagai anggota marinir.

Dalam sebulan terakhir, Hyun Bin cukup sering tampil di muka publik sebagai anggota marinir. Selain tampil dalam berbagai acara militer, dia juga menjadi bintang "iklan" untuk mempromosikan korps marinir.

Hyun bergabung dengan Korps Marinir Korea Selatan sejak Mei 2011. Dia bertugas di Brigade ke-6 di Pulau Baeknyeong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com