Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Bersenggolan di Perairan Merauke

Kompas.com - 04/10/2011, 16:09 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com — Kapal Negara (KN) Bintangur bersenggolan dengan kapal jenis LCT (landing craft tank), Madiolo, di perairan lepas Merauke, Papua. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan laut itu. Peristiwa ini kini ditangani pihak Syahbandar Administrasi Pelabuhan Merauke.

KN Bintangur adalah kapal kerja navigasi milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Distrik Navigasi Kelas III Merauke.

KN Bintangur berbobot mati 50 ton itu penyok di bagian samping kanan atas, mulut palka, dan tiang kapal, sedangkan kapal LCT Madiolo yang berbobot mati 128 ton mengalami goresan di bagian haluan.

Fakhri Riza, Kasi Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai Adpel Merauke, Selasa (4/10/2011), menuturkan, kecelakaan terjadi pada Jumat (30/9/2011) pukul 01.45 WIT.

Menurut Fakhri, kecelakaan itu lebih disebabkan faktor kelalaian manusia. "Sekarang dalam pemeriksaan. Kami upayakan jalan mediasi supaya masing-masing dapat jalan keluar," katanya.

KN Bintangur saat itu sedang berlayar membawa petugas untuk melakukan penggantian tugas jaga ke Pulau Kimmam, sedangkan kapal LCT Madiolo berlayar dari Pulau Kimmam menuju Merauke. Keduanya bersenggolan di perairan Kumbe, Merauke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com